Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Riau Petroleum Optimis Rebut Blok Siak

Jumat, 31 Mei 2013 – 04:33 WIB
Riau Petroleum Optimis Rebut Blok Siak - JPNN.COM
PEKANBARU--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyodorkan salah satu BUMD yang bergerak di Minyak dan Gas (Migas), PT Riau Petroleum untuk merebut pengelolaan seluruh areal Blok Siak dari PT CPI yang akan berakhir masa kontraknya pada November 2013 mendatang. Prosesnya sendiri saat ini tinggal menunggu hasil verifikasi Kementerian ESDM untuk mengeluarkan rekomendasi Join Study.

Sehingga rekomendasi SKK Migas yang menyatakan kalau CPI tetap akan mengelola dua areal dan Pemprov hanya satu areal belumlah menjadi sebuah keputusan karena prosesnya masih panjang. “Kita minta sesegera mungkin pusat melalui Kementerian ESDM mengeluarkan surat agar dilakukan Join Study, dan kita dalam proposal yang sudah diajukan sangat serius mengelola seluruh areal, bukan satu areal saja atau dipecah-pecah,” ujar Kepala Biro Administrasi Ekonomi Setdaprov Riau, Burhanuddin menjawab Riau Pos (Grup JPNN), Kamis (30/5).

Join Study sendiri merupakan upaya kelembagaan sesuai prosedural sesuai dengan ketetapan pemerintah pusat, dimana jika ada daerah yang berminat mengelola blok Migas dalam hal ini pemerintah maka wajib dilakukan proses tersebut. Dimana diawali dengan pengajuan kepada pusat berupa proposal, dan kata Burhanuddin hal tersebut sudah dipenuhi.

Karena Blok Migas sendiri boleh dikelola Badan Usaha (BU) dan Badan Usaha Tetap (BUT). Untuk melaksanakan Join Study, antara daerah (Pemprov) dengan BUMD yang ditunjuk (Riau Petroleum) bersama Kementrian ESDM serta partner dan lembaga yang akan ditunjuk pemerintah pusat dalam melihat kesiapan Pemda.

“Keseriusan kita juga sudah dilakukan dengan menyiapkan SDM yang profesional, maintenance, penguatan di seluruh bidang BUMD tersebut dan melaksanakan Join Venture (JV) beberapa bulan lalu terkait dukungan finansial. Jadi tinggal menunggu keputusan,” sambungnya.

PEKANBARU--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyodorkan salah satu BUMD yang bergerak di Minyak dan Gas (Migas), PT Riau Petroleum untuk merebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com