Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ribuan Keluarga Tak Miliki Rumah

Sabtu, 16 Februari 2013 – 08:35 WIB
Ribuan Keluarga Tak Miliki Rumah - JPNN.COM
MATARAM–Pesatnya pertumbuhan penduduk di Kota Mataram belum diimbangi dengan kemampuan warganya untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal. Pada tahun 2012, tercatat sekitar 12.872 kepala keluarga (kk) yang tersebar di enam kecamatan belum memiliki tempat tinggal sendiri.

Kepala Bidang Perumahan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram, Rumasih, menyebutkan, ribuan warga yang tidak memiliki rumah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya rendahnya daya beli masyarakat untuk membeli rumah sendiri, sehingga sebagian besar di antara mereka masih tinggal di rumah orang tua atau saudaranya dan sebagian lagi masih mengontrak.

“Daya beli masyarakat kita masih kurang,” katanya.

Menurutnya kondisi tersebut berpotensi menyebabkan munculnya kawasan pemukiman kumuh baru di Kota Mataram. Untuk mesiasati kekurangan rumah tersebut, pemerintah telah berupaya memberikan kemudahan bagi pihak pengembang untuk membangun perumahan melalui kredit bungan ringan. Namun, kebijakan ini sering terbentur harga tanah yang cukup mahal.

MATARAM–Pesatnya pertumbuhan penduduk di Kota Mataram belum diimbangi dengan kemampuan warganya untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal. Pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close