Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ribuan Korban Gempa Kelaparan, Langsung Menyerang Truk-truk Bantuan

Sabtu, 21 Agustus 2021 – 23:32 WIB
Ribuan Korban Gempa Kelaparan, Langsung Menyerang Truk-truk Bantuan - JPNN.COM
Pengikut mantan Presiden Haiti Michel Martelly adu jotos saat berebut amplop berisi sumbangan uang tunai dari pengawal Martelly usai mengunjungi rumah sakit OFATMA pascagempa bumi, di Les Cayes, Haiti. Foto: Rtr/antara

jpnn.com, HAITI - Ketegangan di Haiti mulai meningkat ketika daerah-daerah yang sulit dijangkau belum mendapat bantuan usai dihantam gempa besar yang menewaskan lebih dari 2.000 orang pekan lalu.

Banyak warga Haiti yang rumah dan mata pencahariannya hancur oleh gempa bumi magnitudo 7,2 pada 14 Agustus lalu mengatakan mereka bahkan tidak tahu bagaimana harus memulai lagi kehidupan mereka.

Kesal dengan bantuan yang tak kunjung tiba, warga menyerang truk-truk bantuan di sejumlah kota di bagian selatan negara Karibia yang miskin itu.

Pertikaian antarwarga terjadi setelah mantan Presiden Michel Martelly mengunjungi sebuah RS di kota Les Ceyes, di mana seorang stafnya meninggalkan amplop berisi uang yang diperebutkan banyak orang.

"Kami prihatin dengan situasi keamanan yang memburuk yang bisa mengganggu bantuan kami kepada warga Haiti yang rentan. Kami sedang berbicara dengan otoritas dan semua pihak untuk berusaha mencegah hal ini," kata Pierre Honnorat, kepala Program Pangan Dunia PBB di Haiti.

 Korban tewas akibat gempa mencapai 2.189 orang dan diperkirakan 332 orang masih hilang.

 Namun, penduduk kota-kota di daerah pedesaan selatan masih mencari jenazah orang-orang yang diyakini tertimbun di bawah reruntuhan bangunan.

 Puluhan ribu rumah hancur, membuat banyak keluarga tak punya pilihan selain tidur di tempat terbuka meski diguyur hujan deras saat malam.

Puluhan ribu rumah hancur akibat gempa bumi membuat banyak keluarga tak punya pilihan selain tidur di tempat terbuka meski diguyur hujan deras saat malam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close