Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ribuan Rumah di Batanghari Jambi Terendam Banjir

Rabu, 06 Mei 2020 – 14:27 WIB
Ribuan Rumah di Batanghari Jambi Terendam Banjir - JPNN.COM
Ribuan rumah di Batanghari, Jambi terendam banjir. Foto: Antara

jpnn.com, JAMBI - Banjir merendam 1.209 rumah di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi akibat luapan dari air Sungai Batanghari.

"Rumah yang terendam banjir tersebar di empat kecamatan," kata Kepala Pelaksana BPBD Batanghari Syar'i, Rabu (6/5).

Empat kecamatan di Kabupaten Batanghari yang pemukiman penduduknya sudah terendam banjir yakni Kecamatan Mersam, Muara Tembesi Maro Sebo Ilir dan Kecamatan Muara Bulian.

Dari empat kecamatan tersebut, banjir terparah terjadi di Kecamatan Muara Tembesi, di mana di Kecamatan tersebut terdapat 1.072 rumah terendam banjir, sepanjang 900 meter jalan terendam banjir serta satu rumah ibadah dan dua sarana pendidikan turut terendam banjir.

Sementara itu, di Kecamatan Maro Sebo Ilir terdapat 90 rumah dan 500 meter jalan yang terendam banjir, di Kecamatan Muara Bulian, terdapat 47 rumah dan 45 meter jalan yang terendam banjir. Sementara di Kecamatan Mersam terdapat 486 rumah yang tergenang banjir.

"Banjir ini disebabkan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, terutama di hulu sungai, sehingga debit air meningkat dan meluap ke permukiman warga," kata Syar'i.

Ia menjelaskan, petugas BPBD saat ini telah bersiap di sejumlah titik banjir dengan mendirikan tenda darurat dan menyiagakan perahu karet sebagai antisipasi jika ketinggian air terus meningkat. Sehingga petugas dapat dengan segera melakukan evakuasi.

Berdasarkan pantauan BPBD Batanghari, ketinggian muka air Sungai Batanghari yang diukur menggunakan alat pengukur ketinggian air (APKA) per tanggal 5 April 2020 pukul 07.00 WIB berada di angka 368 sentimeter.

Banjir merendam 1.209 rumah di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi akibat luapan dari air Sungai Batanghari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close