Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ribuan Spesies Burung Punah Akibat Ekspansi Manusia

Selasa, 26 Maret 2013 – 16:22 WIB
Ribuan Spesies Burung Punah Akibat Ekspansi Manusia - JPNN.COM
LONDON - Laporan Jurnal Proceedings of The National Academy of Sciences menyebutkan, kolonisasi manusia menyebabkan kepunahan lebih dari 1.000 ribu spesies burung beberapa tahun lalu di Kepulauan Pasifik.

Menurut para ilmuwan, di antara spesies yang hilang adalah unggas air besar dari Hawaii dikenal sebagai moa-nalos dan burung besar New Caledonian dikenal sebagai Sylviornis yang memiliki beratnya sekitar 66 pon atau 30 kilogram.

"Jika kita memperhitungkan semua pulau-pulau lainnya di Pasifik tropis, serta burung laut dan burung berkicau, korban kepunahan total mungkin telah sekitar 1.300 spesies burung," kata Tim Blackburn, direktur Zoological Society London kepada livescience, Senin (25/3).

Dijelaskan, antara 700 dan 3.500 tahun lalu, para pelaut kuno menjelajahi pulau-pulau terpencil yang tersebar di seluruh Samudra Pasifik, berburu burung lokal dan melakukan deforestasi di pulau-pulau tersebut. Terhitung sejak kedatangan pertama kali manusia di kepulauan Pasifik hal ini menyebabkan berkurangnya populasi burung secara drastis.

LONDON - Laporan Jurnal Proceedings of The National Academy of Sciences menyebutkan, kolonisasi manusia menyebabkan kepunahan lebih dari 1.000 ribu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close