Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ridwan Kamil Sedih Mendengar Keputusan Itu

Rabu, 03 Juni 2020 – 13:36 WIB
Ridwan Kamil Sedih Mendengar Keputusan Itu - JPNN.COM
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Antara

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Emil mengaku sedih dengan keputusan Menteri Agama Fachrul Razi bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji pada musim haji 2020/1441 Hijriah karena pertimbangan masih terjadi pandemi COVID-19.

"Luar biasa sedih, karena saya akan berangkat juga sebagai Amirul Hajj Jabar Lahir Batin sudah disiapkan. Kalau tahun lalu Pak Uu (Wagub Jabar, red), ternyata Allah menakdirkan lain, saya tidak bisa berangkat juga," kata Emil ketika dimintai pendapat terkait dengan keputusan pembatalan keberangkatan haji pada 2020 di Kota Bandung, Selasa (2/6).

Dengan adanya keputusan tersebut, kata dia, artinya seluruh rombongan jemaah calon haji asal Jawa Barat harus bersabar.

"Dengan berat hati kami sampaikan berita ini, tapi bersyukurlah saat di atas dan bersabarlah saat di bawah," kata dia.

Menurut dia, pembatalan keberangkatan haji tahun ini merupakan bentuk ujian, sedangkan pemerintah Arab Saudi sudah menghitung potensi kerawanan saat COVID-19 masih menjadi pandemi.

"Kita sedang mendapatkan ujian, ini mengindikasikan pemerintah Arab Saudi menghitung betul ya potensi yang masih rawan jika jutaan manusia berkumpul ini mengelola manajemen individu kesehatannya kan luar biasa," kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya menerima keputusan tersebut dan memohon para calon jamaah haji yang tadinya sudah siap-siap untuk berangkat menunaikan rukun Islam kelima agar bersabar.

"Insyaallah diganti tahun depan mau geser ditambah satu tahun kuotanya kan, dan kita lihat konsekuensi ya terhadap biaya yang sudah dikeluarkan dan lain-lain, nanti kita akan dapatkan khusus saya kira itu juga," kata dia. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku sedih mendengar keputusan yang disampaikan pemerintah.

Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close