Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Riset Indef: Kampus UMKM Shopee jadi Program Pelatihan Terpopuler

Selasa, 30 Januari 2024 – 07:02 WIB
Riset Indef: Kampus UMKM Shopee jadi Program Pelatihan Terpopuler - JPNN.COM
Pelatihan UMKM yang diadakan oleh Shopee menjadi program yang paling banyak diketahui pengusaha dibanding dari e-commerce lainnya. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelatihan UMKM yang diadakan oleh Shopee menjadi program yang paling banyak diketahui oleh UMKM dibanding dari e-commerce lainnya.

Hal itu terungkap lewat rilis riset yang berjudul “Peran Platform Digital terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia” pada Kamis (25/1) yang dilakukan oleh Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Riset tersebut menunjukkan dampak positif penggunaan platform digital terhadap perkembangan bisnis UMKM di Indonesia.

Selain itu, penelitian itu mengungkapkan bahwa penggunaan platform digital dalam bisnis dapat membantu para pelaku UMKM meningkatkan omzet bisnis dan menciptakan lapangan kerja baru.

Terlepas dari berbagai dampak positif tersebut, para pelaku UMKM di lapangan nyatanya masih sering menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan penggunaan platform digital. Beberapa tantangan utamanya adalah ketatnya persaingan antar pelaku usaha dalam platform digital (96,46 persen) dan kurangnya keterampilan tenaga kerja dalam penggunaan platform digital (83,46 persen).

Data ini sejalan dengan Status Literasi Digital di Indonesia 2023, hasil survei kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC), nilai total indeks literasi digital Indonesia di 2023 baru berada di level 3,65. Angka ini masih tergolong rendah untuk mencapai target indeks maksimal di level 5.

Untuk membantu meningkatkan keahlian digital para pelaku UMKM tanah air, beberapa platform e-commerce seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia secara aktif mengadakan berbagai program pelatihan UMKM. Program pelatihan ini bertujuan untuk membantu UMKM semakin naik kelas bahkan mampu menjangkau pasar global.

Melalui pelatihan tersebut, para UMKM dapat mempelajari topik yang paling dasar seperti membuat toko di e-commerce, mengelola toko online, meningkatkan pesanan dengan menggunakan berbagai fitur dan program kampanye, hingga cara menjangkau pembeli di luar negeri.

Pelatihan UMKM yang diadakan oleh Shopee menjadi program yang paling banyak diketahui pengusaha dibanding dari e-commerce lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close