Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rizal Ramli Khawatir Kerusuhan SARA Terulang Lagi

Jumat, 03 Februari 2017 – 18:41 WIB
Rizal Ramli Khawatir Kerusuhan SARA Terulang Lagi - JPNN.COM
Menko Kemaritiman Rizal Ramli saat menghadiri Malam Budaya Menyongsong Badan Otorita Danau Toba, Jakarta, Rabu (25/5). Foto: Ricardo/JPNN.com Ilustrasi by: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Mantan Menkomaritim Rizal Ramli melihat ada pihak yang berusaha membenturkan umat Islam dengan elemen-elemen lainnya di masyarakat.

Parahnya, sampai sekarang belum ada yang menghentikan upaya adu domba tersebut.

"Jadi kami melihat kalangan abangan, nasionalis dan suku-suku mau diadu domba dengan umat Islam," ujar Rizal saat memberi tausiyah usai salat Jumat di Masjid Lautze, Jakarta Pusat, Jumat (3/2).

Menurut Rizal eskalasi adu domba berbau SARA itu semakin hari makin meningkat. Dia khawatir kalau kondisi ini terus dibiarkan, akan berujung pada kerusuhan masal.

"Sangat berbahaya karena eskalasinya semakin meningkat. Kalau dibiarkan kerusuhan SARA bisa terjadi lagi," tutur dia.

Jika kerusuhan SARA benar terjadi, lanjut Rizal, maka dampaknya terhadap tatanan sosial ekonomi negeri akan sangat mengerikan. Dia bahkan memperkirakan ekonomi Indonesia bisa mundur hingga delapan tahun ke belakang.

Karenanya, Rizal berharap ada yang segera meredam gejolak di masyarakat dan menghentikan upaya adu domba.

"Kalau tidak ekonomi kita bisa anjlok hingga minus lima sampai delapan persen. Ekonomi kita bisa mundur delapan tahun ke belakang. Kita akan menyesal nanti karena tidak mudah membalikkan pertumbuhan ekonomi dari negatif ke positif," kata Rizal.

 Mantan Menkomaritim Rizal Ramli melihat ada pihak yang berusaha membenturkan umat Islam dengan elemen-elemen lainnya di masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close