Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rokok Murah Makin Menjamur, Ekonom UI Soroti Struktur Tarif Cukai

Jumat, 28 Juli 2023 – 12:25 WIB
Rokok Murah Makin Menjamur, Ekonom UI Soroti Struktur Tarif Cukai - JPNN.COM
Rokok Murah Makin Menjamur, Ekonom UI Soroti Struktur Tarif Cukai. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom Universitas Indonesia Vid Adrision mengatakan pengendalian konsumsi tembakau menemui jalan terjal dengan menjamurnya rokok murah di masyarakat.

Salah satunya disebabkan oleh struktur tarif cukai hasil tembakau (CHT) yang masih kompleks dengan sistem berlapis, sehingga rentang harga antara rokok paling mahal dan murah sangat lebar.

Menurut Vid Adrision, kesenjangan harga ini yang kemudian membuka peluang bagi masyarakat untuk membeli rokok yang paling murah.

Penetapan tarif cukai saat ini didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan No. 191/PMK.010/2022 dimana CHT terdiri dari 8 lapisan tarif.

Pemerintah menetapkan batasan produksi masing-masing jenis rokok melalui Peraturan Menteri Keuangan No. 146/PMK.010/2017.

Adapun batasan produksi golongan 2 untuk Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan Sigaret Putih Mesin (SPM) ditetapkan maksimal 3 miliar batang/tahun.

"Saat ini ada delapan lapisan tarif, yang lebih rendah diberikan jika produksinya lebih sedikit. Kalau SPM dan SKM itu bedanya cuma di atas atau di bawah tiga miliar batang per tahun," ujar Adrision, dalam keterangannya, Jumat (28/7).

Berdasarkan tarif cukai dan minimum HJE yang saat ini berlaku, satu pabrikan SKM golongan 2 dengan produksi 3 miliar batang dapat mencapai omset fantastis hingga lebih dari Rp 3 triliun dalam setahun.

Ekonom UI soroti struktur tarif cukai akibat menjamurnay rokok murah di masyarakat. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close