Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Romo Benny Ingatkan Demokrasi dalam Bahaya Jika Terjadi Calon Tunggal di Pilkada 2024

Kamis, 08 Agustus 2024 – 07:12 WIB
Romo Benny Ingatkan Demokrasi dalam Bahaya Jika Terjadi Calon Tunggal di Pilkada 2024 - JPNN.COM
Pakar komunikasi politik Antonius Benny Susetyo atau akrab disapa Romo Benny mengingatkan demokrasi Indonesia dalam bahaya jika terjadi calon tunggal di Pilkada 2024. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pakar komunikasi politik Antonius Benny Susetyo menyoroti potensi calon tunggal dalam Pilkada 2024 yang belakangan ini menjadi sorotan lantaran mengancam esensi dari demokrasi.

Sebab, seharusnya Pilkada menawarkan pilihan kepada masyarakat untuk memilih pemimpin yang paling sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi mereka.

Menurut Benny, implikasi dari fenomena ini tidak hanya memengaruhi kualitas demokrasi, tetapi juga kemampuan pemerintah dalam merespons masalah-masalah lokal secara efektif.

"Fenomena calon tunggal dalam Pilkada adalah sinyal berbahaya dari matinya demokrasi. Ketika hanya ada satu calon yang tersedia, proses pemilihan menjadi sekadar formalitas, menghilangkan kebebasan memilih yang merupakan hak dasar setiap warga negara," kata Romo Benny yang akrab disapa.

Keberadaan calon tunggal dalam Pilkada, kata Romo Benny, merupakan pengkhianatan terhadap prinsip-prinsip demokrasi yang seharusnya ada ruang bagi berbagai ide, visi, dan solusi untuk bersaing secara sehat demi kebaikan bersama.

"Demokrasi yang sehat adalah demokrasi yang menawarkan alternatif pemimpin yang memiliki karakter dan kemampuan untuk berpihak kepada kepentingan publik," tegasnya.

Dia mengingatkan ketika hanya ada satu calon, pemimpin yang terpilih sering kali hanyalah karbitan yang tidak memiliki akar pada hak-hak dan persoalan yang dihadapi masyarakat.

Kondisi ini sangat berbahaya jika dipaksakan, karena pemerintahan yang dihasilkan tidak akan efektif dalam merespons persoalan-persoalan publik.

Pakar komunikasi politik Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny mengingatkan demokrasi Indonesia dalam bahaya jika terjadi calon tunggal di Pilkada 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA