Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Roy Suryo Laporkan Sunda Empire ke Polisi

Jumat, 24 Januari 2020 – 23:00 WIB
Roy Suryo Laporkan Sunda Empire ke Polisi - JPNN.COM
Video yang memperlihatkan keberadaan Sunda Empire. Foto: ANTARA/Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Telematika Roy Suryo melaporkan kelompok Sunda Empire ke Polda Metro Jaya, atas dugaan penyebaran hoaks.

Roy menyebut, kabar bohong yang disebarkan kelompok itu ialah lokasi berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan NATO di Wikipedia.

Dia menuding, Sunda Empire merubah tempat berdirinya PBB dan NATO menjadi di Bandung, melalui akun anonim.

"Jadi sejarah tentang PBB itu diubah dengan kabar bohong, dengan berita bohong yang menyatakan kalau perserikatan bangsa-bangsa itu didirikan di Bandung di Gedung Isola di daerah Lembang," tambah Roy di Polda Metro Jaya, Jumat (24/1).

Dia mengetahui perubahan itu setelah dirinya mengaku dikritik warganet yang menyebut bahwa PBB dan NATO memang didirikan di Bandung.

"Beberapa sosial media, beberapa akun email mulai mengkritik saya, mulai menyerang saya dengan mengatakan saya memang tidak tahu sejarah. Karena menurut mereka ternyata memang PBB berasal dari Bandung juga didirikan di Bandung," sambungnya lagi.

Roy kemudian menanyakan kepada akun-akun tersebut dari mana mereka mendapatkan informasi tersebut, dan akun-akun itu menyebut mendapatkan informasi tersebut dari lama Wikipedia.

Kemudian, kata Roy, saat dia membuka laman itu, sejarah PBB dan NATO di Wikipedia sudah berubah. Dia mengatakan isi laman Wikipedia itu telah disunting oleh akun anonim.

Pakar Telematika Roy Suryo melaporkan kelompok Sunda Empire ke Polda Metro Jaya, atas dugaan penyebaran hoaks.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close