Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rupiah Hari Ini Ditutup Stagnan, Sulit Bergerak Karena Sentimen Negatif

Rabu, 31 Agustus 2022 – 20:54 WIB
Rupiah Hari Ini Ditutup Stagnan, Sulit Bergerak Karena Sentimen Negatif - JPNN.COM
Nilai tukar (kurs) rupiah yang diperdagangkan antarbank hari ini stagnan karena pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi di Indonesia. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nilai tukar (kurs) rupiah yang diperdagangkan antarbank hari ini Rabu (31/8) ditutup stagnan.

Direktur PT. Laba Forexindo Ibrahim Assuaibi mengatakan kurs rupiah stagnan sembilan poin di posisi Rp 14.842 per USD dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.842 per USD.

Menurut Ibrahim, nilai rupiah dipengaruhi oleh sentimen negatif pernyataan pemerintah terkait indikator pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi di Indonesia.

"Awan tebal dan gelap itu merupakan sentimen-sentimen negatif di perekonomian global yang mengancam perekonomian Indonesia," ujar Ibrahim, Rabu (31/8).

Adapun sentimen negatif tersebut dimulai dari inflasi, kenaikan suku bunga, pengetatan likuiditas, hingga pelemahan ekonomi di negara maju.

Selain itu, rupiah hari ini dipengaruhi oleh ketinggalan ketegangan geopolitik yang mulai melanda perekonomian di Eropa, Amerika, hingga China juga jadi ancaman serius.

"Kondisi-kondisi tersebut dinilai dapat memberikan jangkauan negatif ke seluruh dunia," ungkapnya.

Ibrahim mencontohkan kondisi itu seperti terjadinya krisis pangan dan energi di berbagai negara akibat disrupsi rantai pasok karena ketegangan geopolitik.

Nilai tukar (kurs) rupiah yang diperdagangkan antarbank hari ini stagnan karena pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close