Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RUU Antiterorisme Kelar, Bang Ara Puji DPR dan Pemerintah

Jumat, 25 Mei 2018 – 17:07 WIB
RUU Antiterorisme Kelar, Bang Ara Puji DPR dan Pemerintah - JPNN.COM
Ketua DPR Bambang Soesatyo (berpeci) bersama Menkumham Yasonna H Laoly (kiri) dan legislator PDIP Maruarar Sirait usai rapat paripurna pengambilan keputusan atas RUU Antiterorisme, Jumat (25/5). Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Legislator PDI Perjuangan Maruarar Sirait merasa lega dengan tuntasnya pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Antiterorisme sehingga hari ini (25/5) bisa disetujui untuk disahkan dalam rapat paripurna DPR. Menurutnya, penuntasan RUU yang sempat terkatung-katung selama dua tahun itu menjadi bukti kepekaan pemerintah dan DPR dalam menghadapi krisis akibat ancaman terorisme.

Ara -panggilan Maruarar- menyatakan, ancaman terorisme belakangan ini memang telah menjadi menjadi perhatian semua pihak. DPR dan pemerintah pun meresponsnya dengan mengebut pembahasan RUU Antiterorisme.

“Saya kira ada sense yang yang tinggi melihat situasi yang ada dengan adanya pengeboman di berbagai tempat. Dalam sepekan masa sidang semua (isu krusial di RUU Antiterorisme, red) bisa dituntaskan,” ujar Ara usai menghadiri rapat paripurna DPR dengan agenda pengamilan keputusan RUU Antiterorisme.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, ancaman teroris saat ini sudah tidak bisa lagi dihadapi dengan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Sebab, UU itu hanya memungkinkan penindakan setelah ada aksi terorisme.

Karena itu, harus ada payung hakum baru untuk memungkinkan aparat melakukan penindakan demi mencegah aksi terorisme. Dengan UU yang baru maka upaya pencegahan terorisme bisa dilakukan sebelum aksi teror terjadi.

Dengan payung hukum baru, kata Ara, aparat sudah bisa menciduk perencana terorisme dengan tetap mengedepankan hak asasi manusia (HAM). “Pada saat sudah ada motif, sudah bisa dilaksanakan dan tetap menjujung HAM ini menujukkan tetap sesuai koridor hukum,” kata ketua umum Taruna Merah Putih (TMP) itu.(jpg/jpnn)

Legislator PDI Perjuangan Maruarar Sirait menyebut pembahasan RUU Antiterorisme dalam satu masa sidang menjadi bukti pemerintah dan DPR punya sense of crisis.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close