Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RUU ASN Segera Disahkan, Kapan Honorer Diangkat jadi PPPK? nih Perkiraannya

Rabu, 27 September 2023 – 07:48 WIB
RUU ASN Segera Disahkan, Kapan Honorer Diangkat jadi PPPK? nih Perkiraannya - JPNN.COM
MenPAN-RB Azwar Anas saat rapat kerja pengambilan keputusan tingkat I RUU ASN, Selasa (26/9). Foto: Humas KemenPAN-RB

jpnn.com - JAKARTA – Rancangan Undang-undang tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN) akan segera disahkan menjadi UU pada rapat paripurna DPR RI, paling lambat 3 Oktober 2023.

Kepastian mengenai pengesahan RUU ASN setelah regulasi yang ditunggu jutaan honorer atau non-ASN itu dibahas pada rapat kerja pengambilan keputusan tingkat I di Komisi II DPR RI, Jakarta, Selasa (26/9).

"Kita (Komisi II DPR dan pemerintah, red) setujui RUU ini menjadi keputusan di tingkat I dan kemudian disampaikan ke rapat paripurna untuk diteruskan pengambilan keputusan pada tingkat II," ujar Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia yang memimpin rapat.

Unsur pemerintah yang hadir, antara lain Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Wamendagri John Wempi Wetipo, dan perwakilan dari kemenkeu.

Kapan Honorer Diangkat jadi PPPK?

Lantas muncul pertanyaan, kapan kiranya para honorer diangkat menjadi PPPK? Mari kita buat perkiraan.

Dewan Pembina Forum Honorer K2 Tenaga Administrasi Indonesia Nur Baitih mendapat kabar dari Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera bahwa rapat paripurna pengesahan RUU ASN menjadi UU paling lambat 3 Oktober 2023.

Nah, sebelum tanggal tersebut, Panja RUU ASN melakukan perbaikan-perbaikan rumusan, baik yang bersifat redaksional, maupun substansial.

Yang substansial, misal mengubah atau menghilangkan ketentuan soal PPPK Part Time di rumusan RUU ASN, sebagaimana diminta MenPAN-RB Azwar Anas.

RUU ASN akan segera disahkan, lantas kapan kiranya honorer diangkat menjadi PPPK? Berikut perkiraan waktunya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close