Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rwanda Sepakat dengan Sikap Indonesia Terkait Konflik Israel-Palestina

Kamis, 06 Juni 2024 – 22:04 WIB
Rwanda Sepakat dengan Sikap Indonesia Terkait Konflik Israel-Palestina - JPNN.COM
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) dan Menteri Urusan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Rwanda Vincent Biruta (kiri) dalam pertemuan bilateral di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Foto: ANTARA/Katriana

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) dan Kementerian Urusan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Republik Rwanda menyoroti pentingnya peningkatan upaya untuk mendukung Palestina.

"Pada isu Palestina, kami memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya meningkatkan upaya untuk mendukung Palestina," kata Menlu RI Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Urusan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Rwanda Vincent Biruta di Kemlu RI, Jakarta, Kamis.

Dukungan terhadap Palestina itu, menurut Menlu, dapat dilakukan termasuk dengan mendorong penerapan solusi dua negara dan keanggotaan penuh Palestina di PBB.

Selain itu, kedua negara juga memantau dengan saksama perkembangan di Gaza, termasuk usulan gencatan senjata terbaru, dan berharap perdamaian permanen dapat dipulihkan dan bantuan kemanusiaan dapat dikirimkan tanpa hambatan.

"Menteri Biruta dan saya juga sepakat bahwa Global South perlu memainkan peran yang lebih besar dalam membentuk agenda global. Global South harus memperkuat kesatuan dan kolaborasinya," kata Menlu, merujuk Global South untuk negara-negara di bagian selatan bumi.

Untuk target tersebut, Menlu menyatakan bahwa Indonesia akan menggelar Forum Indonesia-Afrika kedua dan mengundang kehadiran Rwanda.

Sementara itu, selain menyampaikan pandangan yang sama dalam isu Palestina, dalam pertemuan bilateral tersebut Menteri Urusan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Rwanda Vincent Biruta menyampaikan bahwa kunjungan ke Indonesia merupakan tonggak penting dalam hubungan antara kedua negara.

Menlu Biruta juga mengumumkan peresmian Kedutaan Besar Republik Rwanda di Jakarta pada hari ini.

Indonesia dan Rwanda memantau dengan saksama perkembangan di Gaza, termasuk usulan gencatan senjata terbaru, dan berharap perdamaian permanen dapat dipulihkan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close