Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saatnya Bali Menjadi Daerah Unggulan Ekspor Produk Kakao

Rabu, 21 September 2022 – 20:48 WIB
Saatnya Bali Menjadi Daerah Unggulan Ekspor Produk Kakao - JPNN.COM
Potensi kakao di Indonesia memiliki prospek cerah yang kian manis hingga ke kancah global. Foto. Dok. Kementan

jpnn.com, DENPASAR - Direktur Jenderal Perkebunan, Andi Nur Alam Syah mendorong pemerintah Bali untuk memajukan komoditas kakao di Pulau Dewata tersebut.

Menurutnya basis perkebunan rakyat untuk komoditas kakao di Bali perlu terus didukung sembari bergandengan dengan potensi wisata. 

"Bali ini salah satu provinsi dengan branding terkuat di Indonesia, siapa yang tidak tahu Bali. Warga mancanegara berbondong-bondong untuk menikmati wisata di sana. Nah ini yang perlu ditangkap kesempatan untuk kakao Bali untuk pasar ekspor karena dari wisata sudah punya nilai, tinggal dikemas dan di-branding dengan baik," ujar Andi Nur Alam.

Dia memastikan Ditjen Perkebunan akan terus memerhatikan sentra-sentra produksi kakao di Bali untuk bisa meningkatkan ekspor mendukung program Gratieks.

Koperasi Kakao Kerta Semaya Samaniya mengapresiasi peran pemerintah salah satunya Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan yang telah banyak membantu melalui pelatihan, sarana prasarana penunjang untuk proses di on farm, pemberian benih yang bersertifikat, sarana prasarana penunjang fermentasi dan alat/mesin yang bermanfaat untuk pengolahan cokelat.

I Ketut Wiadnyana, Ketua Koperasi Kakao Kerta Semaya Samaniya mengungkapkan berkat ketekunan dan komitmen bersama antara kelompok tani dan koperasi, kini mendulang sukses untuk memajukan komoditas kakao.

"Kini Koperasi Kakao Kerta Semaya Samaniya dampingan dari Kalimajari Bali telah rutin melakukan ekspor setiap tahun ke Perancis, Belanda, Amerika Serikat, Jepang, Swiss, Belgia sebanyak 0,5-15,5 ton/ tahun," ujarnya.

Wiadnyana juga menceritakan kisah sukses Koperasi Kakao Kerta Semaya Samaniya yang telah berdiri sejak 8 Mei 2006.

Para petani kakao di Bali sudah mengekspor hasil panen ke beberapa negara tetangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close