Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Safari Bersama Bupati Anas, Puti Janjikan Program Superstar

Senin, 26 Maret 2018 – 12:08 WIB
Safari Bersama Bupati Anas, Puti Janjikan Program Superstar - JPNN.COM
Puti Guntur Soekarno safari di Banyuwangi bersama Bupati Abdullah Azwar Anas. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Kandidat Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno melakukan safari politiknya ke Banyuwangi, Senin (26/3).

Usai mendarat di Bandara Banyuwangi yang dikenal ramah lingkungan, cucu Bung Karno tersebut langsung menuju sentra kerajinan bambu di Desa Gintangan, sebuah desa yang separo dari 6.700 penduduknya piawai menganyam bambu.

“Di setiap daerah, saya selalu mengunjungi sentra ekonomi kreatif. Betapa kreatifnya Jatim, dan kami bertekad membawa perajin lokal naik kelas ke level lebih tinggi,” ujar Puti yang punya hobi mengoleksi kerajinan khas daerah.

Puti didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang sedang cuti sehari. Dia mengatakan, ada empat syarat agar UMKM kreatif bisa naik kelas, yaitu riset pasar, permodalan, teknologi, dan kualitas SDM.

Semua syarat itu telah disiapkan programnya oleh Puti lewat janji kerja Superstar, kependekan dari Sentra UMKM, Pemberdayaan Industri Kreatif dan Startup.

Dia menjelaskan, riset dibutuhkan untuk tahu tren pasar sehingga perajin memahami desain produk yang diminati konsumen. “Untuk bayar riset pasar itu mahal, UMKM kesulitan. Biar kami yang siapkan. Nanti UMKM memahami, misalnya di luar negeri trennya seperti apa, sehingga produknya laku diekspor. Tentu saja pemasarannya juga difasilitasi secara nasional dan internasional,” ujar Puti yang sukses mempromosikan batik ke Jepang dalam tugasnya sebagai anggota Komisi X DPR RI.

Untuk permodalan, Puti menyatakan, telah disiapkan program pinjaman murah, baik berkonsep konvensional maupun syariah.

“Kalau disetarakan bunga, pasti di bawah yang ada saat ini karena kami akan kolaborasi khusus dengan perbankan bikin paket pinjaman UMKM kreatif,” papar Puti.

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berjanji akan membawa UMKM naik kelas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close