Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sah, DPR Setujui Komisioner Bawaslu dan KPU Terpilih

Kamis, 06 April 2017 – 12:15 WIB
Sah, DPR Setujui Komisioner Bawaslu dan KPU Terpilih - JPNN.COM
Zainudin Amali (tengah). Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui hasil pemilihan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2017-2022.

Tujuh komisioner KPU adalah Pramono Ubaid Tanthowi, Wahyu Setiawan, Hasyim Asyari, Ilham Saputra, Viryan, Evi Novida Ginting Manik, dan Arief Budiman.

Sedangkan lima komisioner Bawaslu adalah Ratna Dewi Pettalolo, Mochammad Afifuddin, Rahmat Bagja, Abhan dan Fritz Edward Siregar.

Sebelum disetujui, Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali terlebih dahulu menyampaikan laporan pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU dan Bawaslu.

Setelah dibacakan, pimpinan sidang yakni Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan melempar ke forum apakah menyetujui hasil uji kepatutan dan kelayakan calon komisioner yang digelar Komisi II DPR itu. Anggota pun menjawab "setuju".

Dalam kesempatan itu, Amali menyebut satu per satu nama komisioner yang terpilih. Para komisioner yang disebut namanya diminta berdiri.

Amali dalam laporannya menyatakan, uji kepatutan dan kelayakan dilakukan secara terbuka dan bisa dipantau masyarakat maupun media.

"Proses pemungutan suara juga telah dilakukan dalam suasana musyawarah dengan penuh mufakat," kata Amali.

Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui hasil pemilihan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close