Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saham Bandara Kualanamu Dilepas ke Perusahaan Asal India, Negara Untung?

Jumat, 26 November 2021 – 12:33 WIB
Saham Bandara Kualanamu Dilepas ke Perusahaan Asal India, Negara Untung? - JPNN.COM
Sejumlah penumpang pesawat udara sedang menunggu di terminal domestik Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut. (ANTARA/HO-PT Angkasa Pura Aviasi)

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menyebut negara mendapat dua keuntungan dari aksi lepas saham Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatra Utara.

Pertama, mendapat dana segar sebesar Rp 1,58 triliun dan pembangunan serta pengembangan Bandara Kualanamu.

PT Angkasa Pura II melepas kepemilikan saham Bandara Kualanamu sebesar 49 persen kepada perusahaan asal India, GMR Airport Internasional.

"Angkasa Pura II mendapatkan dua keuntungan, yaitu dana sebesar 1,58 triliun dari GMR serta ada pembangunan dan pengembangan Kualanamu sebesar Rp 56 triliun dengan tahap pertama sebesar Rp 3 triliun," ujar Arya di Jakarta, Jumat (26/11).

Arya mengatakan aksi melepas 49 persen saham itu membuat perseroan tidak perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 58 triliun untuk pengembangan Bandara Kualanamu, karena proyek pembangunan bandara justru ditanggung oleh mitra.

Menurutnya, dana sebesar Rp 1,58 triliun bisa dipakai oleh Angkasa Pura II untuk pengembangan dan pembangunan bandara baru di Indonesia.

"Ini namanya memberdayakan aset tanpa kehilangan aset, bahkan asetnya membesar berkali-kali lipat," jelasnya.

Angkasa Pura II dengan GMR membentuk perusahaan patungan bernama PT Angkasa Pura Aviasi untuk mengelola Bandara Internasional Kualanamu.

Saham Bandara Kualanamu, Deli Serdang dilepas ke perusahaan asal India, negara untung?

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close