Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saleh Partaonan Daulay Apresiasi Kebijakan Mudik Lebaran, tetapi...

Kamis, 24 Maret 2022 – 15:26 WIB
Saleh Partaonan Daulay Apresiasi Kebijakan Mudik Lebaran, tetapi... - JPNN.COM
Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi kebijakan mudik lebaran. Foto: Arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi langkah pemerintah yang memperbolehkan mudik lebaran dengan syarat harus sudah vaksin booster.

Menurutnya, kebijakan tersebut mampu mengobati kerinduan masyarakat yang selama dua tahun Lebaran tidak pulang ke kampung halaman mereka akibat pandemi Covid-19.

"Kebijakan ini diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat untuk pulang kampung. Terutama, warga masyarakat yang selama dua tahun terakhir ini tidak berkesempatan mudik," kata Saleh kepada wartawan, Kamis (24/3).

Ketua Fraksi PAN DPR RI ini menyatakan kebijakan ini harus dibarengi dengan aspek kearifan atau kebijaksanaan, khususnya berkenaan dengan persyaratan vaksin booster yang diwajibkan.

Dia menyebutkan masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan giliran untuk menerima vaksin booster.

"Tidak semua bisa dilaksanakan secara bersamaan. Ada jadwal dan target yang sudah diprogramkan. Dipastikan, tidak semua orang yang hendak mudik Lebaran sudah dibooster,” ujarnya.

Saleh menilai, minimnya partisipasi masyarakat untuk vaksin booster lantaran kurangnya vaksinator di daerah dan waktu yang memadai untuk masyarakat yang ingin divaksin booster.

"Bukan karena tidak mau divaksin. Ini lebih pada persoalan waktu dan kapasitas vaksinator kita di berbagai daerah. Terutama di kota-kota besar yang penduduknya banyak yang akan mudik. Kalau pun mereka bekerja keras, rasa-rasanya pasti akan ada keterbatasan,” katanya.

Dia beharapkan ada kelonggaran bagi masyarakat yang belum mendapat vaksin booster, terutama setelah pelonggaran aturan PPKM.

Saleh mencontohkan seperti, tidak ada kewajiban PCR/swab bagi pelaku perjalanan, penghapusan karantina bagi PPLN, kelonggaran di rumah-rumah ibadah, sekolah, tempat-tempat pertemuan masyarakat, dan lain-lain.

"Kalau mau memberikan kemudahan, tentu akan sangat membantu. Masyarakat diyakini akan sangat senang. Meskipun pada saat yang sama, kita akan tetap mendorong percepatan program vaksinasi booster," pungkas Saleh Partaonan Daulay.(mcr8/jpnn)


Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi kebijakan mudik lebaran, tetapi berharap ada kelonggaran dari syarat yang ditetapkan pemerintah

Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close