Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Putu Rudana & Fadli Zon Siap Berkolaborasi Memajukan Perkerisan Indonesia

Kamis, 24 Maret 2022 – 09:40 WIB
Putu Rudana & Fadli Zon Siap Berkolaborasi Memajukan Perkerisan Indonesia - JPNN.COM
Ketua BKSAP DPR RI sekaligus Ketua Umum SNKI Fadli Zon dan Putu Rudana di Museum Rudana, Bali. Foto: Source for JPNN

jpnn.com, UBUD - Ketua Umum Serikat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) Fadli Zon menyambangi Museum Rudana di sela-sela Forum IPU (Inter-Parliamentary Union) 144 di Ubud pada Rabu (23/3).

Dalam kunjungan itu, Fadli Zon menerima cendera mata berupa keris Bali dari pengurus SNKI di Pulau Dewata.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada sahabat saya, Bli Putu Supadma Rudana yang menyediakan tempat yang luar biasa ini. Museum Rudana, tempat karya-karya hebat para maestro," ucap Fadli Zon.

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI itu pun mengungkap upayanya dalam melestarikan budaya keris, bahkan ke berbagai penjuru dunia.

Salah satunya, Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 itu selalu memberikan cendera mata keris kepada para ketua parlemen maupun delegasi anggota parlemen dari berbagai negara.

“Saya kira dahulu yang memulai itu mungkin Bung Karno (Presiden Soekarno, red), memberikan keris kepada tokoh-tokoh bangsa lain," ucapnya.

Politikus berdarah Minang itu juga menyampaikan bahwa SNKI saat ini sudah lebih maju karena telah disetujui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai profesi dan sudah membentuk LSP atau Lembaga Sertifikasi Perkerisan.

Dengan demikian, Fadli mengatakan para seniman yang bergerak di bidang perkerisan nantinya bisa menjadi profesi. Apalagi, di Bali banyak sekali sekali tokoh perkerisan.

Ketua BKSAP DPR RI sekaligus Ketua Umum SNKI Fadli Zon dan Putu Rudana siap bekerja sama menggaungkan perkerisan Indonesia ke penjuru dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close