Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Salut, Sudah 22 Tahun Tidak Libur Lebaran Demi Tugas

Rabu, 06 Juli 2016 – 11:09 WIB
Salut, Sudah 22 Tahun Tidak Libur Lebaran Demi Tugas - JPNN.COM
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: dok Jawa Pos

SURABAYA - Seluruh jajaran pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkot Surabaya tampaknya tidak bisa rasakan libur Lebaran. Sebagian harus bertugas demi menjaga Surabaya tetap kondusif. Tahun ini pemkot menyiapkan 1.400 personel untuk menjaga keamanan selama libur Lebaran.

Wali Kota Tri Rismaharini menjelaskan, sebagian besar SKPD memang tetap siaga selama libur Lebaran.

''Tidak mungkin libur semua. Penjagaan juga harus dilakukan," kata Risma.

Apalagi, sebentar lagi Surabaya menjadi tuan rumah pelaksanaan ajang internasional Prepcom III UN Habitat. Event yang diadakan pada akhir Juli tersebut akan dihadiri ribuan orang dari ratusan negara. Karena itu, persiapan tentu terus dilakukan sejak dini.

Selama Lebaran, ada beberapa SKPD yang ditugasi untuk siaga. Antara lain, dinas perhubungan (dishub), satuan polisi pamong praja (satpol PP), badan kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat (bakesbanglinmas).

Selain itu juga dari dinas kesehatan (dinkes), pemadam kebakaran (PMK), serta dinas kebersihan dan pertamanan (DKP). Dari beberapa SKPD tersebut, para kepala dinas juga ikut siaga. Salah seorang adalah Kepala Bakesbanglinmas Soemarno.

''Saya hanya sempat mudik sehari ke Nganjuk," katanya.

Soemarno berencana mudik ke kampung halaman pada Selasa (5/7). Cukup sehari, dia harus kembali ke Surabaya pada Rabu pagi (6/7). Sebab, dia ikut dalam pengamanan salat Idul Fitri di Taman Surya, kantor Balai Kota Surabaya.

Apalagi, setelah salat Idul Fitri, Wali Kota Tri Rismaharini mengadakan open house pada Rabu (6/7). ''Saya ikut jaga," ungkapnya. Hal tersebut harus dilalui Soemarno selama beberapa tahun terakhir. ''Ya karena memang sudah kewajiban," tambahnya.

Pengorbanan tersebut bertujuan menjaga Surabaya tetap kondusif. Soemarno mengakui, pengamanan UN Habitat harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Sebab, hal itu menyangkut reputasi Surabaya di mata dunia internasional.

Selain Soemarno, Kepala Satpol PP Irvan Widyanto harus all-out memantau kondisi Surabaya saat Lebaran.

 ''Ya, saya tentu siap siaga terus," tegasnya.

Hal tersebut, lanjut dia, sudah menjadi kewajibannya sebagai pimpinan satpol PP. Dia merasa ikut bertanggung jawab untuk menjaga keamanan di Surabaya.

SURABAYA - Seluruh jajaran pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkot Surabaya tampaknya tidak bisa rasakan libur Lebaran. Sebagian harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close