Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sambut Hari Kartini & Bumi, Tokopedia Bagi Kisah Inspiratif, Simak

Jumat, 19 April 2024 – 19:38 WIB
Sambut Hari Kartini & Bumi, Tokopedia Bagi Kisah Inspiratif, Simak - JPNN.COM
Tokopedia terus memberdayakan UMKM perempuan dan membantu pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan untuk mencapai lewat pemanfaatan teknologi. Foto: dok Tokopedia

jpnn.com, JAKARTA - Tokopedia dan TikTok terus memberdayakan UMKM perempuan dan membantu pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan untuk mencapai lewat pemanfaatan teknologi.

Communications Senior Lead Tokopedia, Antonia Adega mengatakan Tokopedia pada aplikasi TikTok sudah lebih dari 21 juta penjual dan hampir 100 persen pelaku UMKM lokal, termasuk perempuan pelaku UMKM yang memiliki bisnis ramah lingkungan.

“Di Tokopedia, jumlah perempuan pelaku usaha yang memulai bisnis selama pandemi meningkat 1,5 kali lipat lebih tinggi dibanding laki-laki (Riset LPEM FEB UI 2020). Selain itu, selama 2023 (pascapandemi) dibandingkan tahun 2020 (pandemi), Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat,” ungkap Antonia.

Dalam mendorong partisipasi perempuan di sektor kewirausahaan, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif.

Contohnya, kelas perempuan maju digital, program kolaborasi dengan pemerintah daerah yang berfokus pada pelatihan digitalisasi usaha dan literasi keuangan para perempuan pelaku UMKM.

Ada pula Modul Perempuan Maju Digital yang tersedia secara gratis di Pusat Edukasi Seller Tokopedia untuk mengedukasi perempuan pelaku UMKM agar makin tumbuh dan berkembang.

Serta Beli Lokal Spesial Hari Kartini. Setiap brand terdapat promo spesial Hari Kartini yang memungkinkan masyarakat berbelanja produk fesyen hingga kecantikan lebih hemat karena ada diskon khusus.

Di sisi lain, selama 2023 (pascapandemi) dibandingkan 2020 (pandemi), Tokopedia mencatat, Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado dan Pangkal Pinang merupakan beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat.

Selain memberdayakan perempuan pelaku UMKM, Tokopedia juga membantu kemajuan pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan.

Tokopedia terus memberdayakan UMKM perempuan dan membantu pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan untuk mencapai lewat pemanfaatan teknologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close