Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sampah-Sampah di Pulau Penyangga Batam Bakal Disulap Jadi BBM

Kamis, 09 Juni 2022 – 23:41 WIB
Sampah-Sampah di Pulau Penyangga Batam Bakal Disulap Jadi BBM - JPNN.COM
Ikatan Alumi Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) bersama Kemensos bakal membangun bank sampah di pulau-pulau penyangga kota Batam. Foto dokumentasi IA-ITB

jpnn.com, BATAM - Ikatan Alumi Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) bersama Kementerian Sosial (Kemensos) bakal membangun bank sampah di pulau-pulau penyangga kota Batam, Kepulauan Riau.

Limbah sampah itu akan diubah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Untuk mesin pengubah sampah menjadi BBM itu sudah ada, tinggal kami bawa ke sini dari Pulau Jawa. Untuk jenis BBM-nya nanti dari bank sampah itu adalah berupa bensin,” kata Ketua Umum IA-ITB Gembong Primadjaja dalam keterangannya, Kamis (9/6).

Menurut Gembong, masyarakat harus diberikan edukasi agar memahami rencana baik pemerintah. Itu agar program ini didukung sepenuh hati.

“Karena tidak bisa dibuat tiba-tiba, masyarakat harus diedukasi perlahan,” ujar Gembong.

Munculnya ide pembangunan bank sampah itu berawal dari kunjungan Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Gembong Primadjaja ke Pulau Bertam yang ditempati Suku Laut.

Risma melihat banyak sampah yang bertebaran di penjuru pulau penyangga Kota Batam itu. Dari situ muncul ide mengubah limbah menjadi BBM.

“Desainnya (bank sampah) ini kami bekerja sama dengan alumni ITB. Jadi, tidak hanya pemukiman saja yang kami perhatikan, tetapi semuanya,” kata Risma.

Kemensos dan IA-ITB bakal membangun bank sampah di pulau-pulau penyangga kota Batam, Kepri. Limbah sampah itu akan diubah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close