Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sandiaga Uno Berkomitmen Dorong Peningkatan Ekonomi Desa Wisata Tepus

Selasa, 27 September 2022 – 06:59 WIB
Sandiaga Uno Berkomitmen Dorong Peningkatan Ekonomi Desa Wisata Tepus - JPNN.COM
Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke desa wisata Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Foto: kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melanjutkan kunjungan kerja ke Desa Wisata Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum lama ini.

Dia berharap wisata Tepus bisa naik kelas menjadi desa wisata dunia menyusul Nglanggeran dan berdaya saing berkelanjutan.

Desa Wisata Tepus masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Desa tersebut telah melalui proses uji standar penilaian tim juri yang terdiri dari tujuh kategori.

"Mereka nantinya akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf selama satu tahun," ujar Sandiaga Uno dalqm siaran pers, Selasa (27/9).

Penyelenggaraan ADWI bertujuan sebagai daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia, serta mendorong daerah dapat menciptakan desa wisata baru selanjutnya.

Selain itu, juga dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan laman resmi yang dikembangkan Kemenparekraf.

Dari data kegiatan ADWI 2021 terjaring 1.831 data desa wisata yang ada di Indonesia dan targetnya pada 2022 menjadi 3.000.

Menparekraf Sandiaga Uno berharap wisata Tepus, Gunungkidul bisa naik kelas menjadi desa wisata dunia dan berdaya saing berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close