Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sandiaga Uno Tawarkan Solusi Selamatkan Indonesia dari Resesi

Senin, 10 Agustus 2020 – 03:01 WIB
Sandiaga Uno Tawarkan Solusi Selamatkan Indonesia dari Resesi - JPNN.COM
Sandiaga Uno di acara MOU BEI dengan KAHMIPreneur di Jakarta. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Sandiaga Salahudin Uno menegaskan, Indonesia saat ini tengah dihantui resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Bahkan, sejumlah negara sudah jatuh ke jurang resesi.

Sandiaga memprediksi, resesi ekonomi akan menghantam Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Menurut pria yang akrab disapa Sandi itu, ancaman resesi makin nyata jika peningkatan jumlah kasus baru Corona tak bisa ditekan.

"Saya sampaikan bahwa kita masuk ke resesi sudah semakin nyata di depan mata, apabila skema penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ke pemda dan UMKM lambat realisasinya," tegas Sandi dalam acara MOU BEI dengan KAHMIPreneur di Jakarta, dalam keterangan tertulis.

"Harusnya, delapan provinsi share PDB nasionalnya tertinggi diberikan skema khusus pinjaman dengan bunga 0 persen, cepat realisasinya serta besar nilainya."

Dia menegaskan, di kuartal II-2020 ini pertumbuhan ekonomi Indonesia telah mengalami kontraksi -5,32 persen.

Jika kuartal tiga mau selamat, kata Sandi, maka pemda dan UMKM harus sebagai garda terdepan dalam penyerapan anggaran penggerak sektor Riil.

"Untuk dana PEN melalui jalur Himbara dan Bank Daerah sudah berjalan baik. Tapi, nilainya kan kecil hanya Rp 30 triliun," ujar Sandi.

Menurut Sandiaga Uno, Indonesia makin dekat dengan resesi ekonomi dengan begitu pemerintah harus cepat merealisasikan strategi yang sudah ditetapkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close