Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Sandiwara Sastra Kemendikbud Bertabur Bintang Ternama

Senin, 06 Juli 2020 – 21:02 WIB
Sandiwara Sastra Kemendikbud Bertabur Bintang Ternama - JPNN.COM
Aktrs film dan teater Happy Salma ikut memproduseri Sandiwara Sastra. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Program siniar atau podcast Sandiwara Sastra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melibatkan puluhan aktor dan aktris ternama di tanah air.

Di antaranya Adinia Wirasti, Ario Bayu, Arswendy Bening Swara, Asmara Abigail, Atiqah Hasiholan, Chelsea Islan, Chicco Jerikho, Christine Hakim, Eva Celia, Happy Salma, Iqbaal Ramadhan, Jefri Nichol, Kevin Ardilova, Lukman Sardi, Lulu Tobing, Marsha Timothy, Mathias Muchus, Maudy Koesnaedi, Najwa Shihab, Nicholas Saputra, Nino Kayam, Oka Antara, Pevita Pearce, Reza Rahadian, Rio Dewanto, Tara Basro, Vino G. Bastian dan Widi Mulia.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, podcast Sandiwara Sastra ini sebagai bentuk inovasi dan bagian dari program Belajar dari Rumah di masa pandemi COVID-19.

Alih wahana karya sastra Indonesia ke dalam medium audio ini ditujukan untuk memperkenalkan dan menghidupkan kembali karya-karya sastra Indonesia.

“Sastra menempati posisi penting dalam pemajuan budaya dan pembentukan karakter bangsa,” ujar Mendikbud Nadiem pada telekonferensi peluncuran siniar Sandiwara Sastra di Jakarta, Senin (6/7). 

Karya sastra pada hakikatnya tercipta dari situasi dan pergulatan diri. Pengalaman, pengamatan, serta pemaknaan situasi dan latar belakang sejarah dalam karya sastra merupakan bentuk penguatan karakter. Melalui tokoh-tokoh dalam karya sastra, masyarakat dapat mengenal lebih dekat sifat kemanusiaan. 

“Seperti sekarang ini, pandemi memberi waktu bagi kita memetik makna dan belajar menjadi manusia kuat yang mampu menyongsong masa depan,” jelasnya. 

Alih wahana sastra ke dalam bentuk sandiwara audio siniar ini dapat disimak mulai 8 Juli 2020 pukul 17.00 WIB melalui podcast audio @budayakita.

loading...