Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sanggam Hutapea: Pengembangan Kawasan Danau Toba Tidak Boleh Berhenti

Jumat, 25 Agustus 2023 – 13:02 WIB
Sanggam Hutapea: Pengembangan Kawasan Danau Toba Tidak Boleh Berhenti - JPNN.COM
Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea mengingatkan pengembangan pariwisata Kawasan Danau Toba sebagai destinasi prioritas menuju wisata kelas dunia tidak boleh berhenti walau era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berakhir tahun depan.

"Siapa pun nantinya terpilih sebagai Presiden pada Pilpres 2024, pengenbangan kawasan Danau Toba harus dilanjutkan. Sebab pembangunan dan pengembangan kawasan Danau Toba masih membutuhkan perhatian dari pemerintah pusat, khususnya menyangkut anggaran dan mendatangkan investasi,” ujar Sanggam Hutapea di Jakarta, Jumat (25/8).

Menurut Sanggam, sejak kawasan Danau Toba ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas oleh Presiden Jokowi, pembangunan di kawasan ini memang sudah terlihat.

Namun, untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia dan industri pariwisata yang menghasilkan devisa bagi negara masih jauh dari harapan.

Oleh karena itu, menurut Sanggam, sangat perlu pembangunan dan pengembangan berkelanjutan dari pemerintahan mendatang yang dihasilkan lewat Pemilu 2024.

Menurut dia, kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata internasional harus dilakukan secara terpadu dan terintegrasi di antara aspek pendukung lainnya.

Sanggam Hutapea pun memaparkan berbagai pandangannya yang cukup mendasar untuk pengembangan dan pembangunan kawasan Danau Toba menuju wisata kelas dunia.

Dia menilai akses ke Danau Toba di era pemerintahan Jokowi ini sudah sangat terbuka, karena pemerintah memberikan perhatian penuh dengan membangun jalan tol guna memperpendek jarak tempuh ke Danau Toba.

Pelaku pariwisata Sanggam Hutapea meminta pengembangan pariwisata Kawasan Danau Toba sebagai destinasi prioritas menuju wisata kelas dunia tidak boleh berhenti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA