Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saran Misbakhun untuk Semangati Lulusan PT agar Berani Bersaing dan Tahan Banting

Minggu, 22 September 2019 – 23:43 WIB
Saran Misbakhun untuk Semangati Lulusan PT agar Berani Bersaing dan Tahan Banting - JPNN.COM
Anggota Komisi XI DPR M Misbakhun pada Sidang Senat Terbuka STIEI Banjarmasin, Kalsel, Sabtu (20/9). Foto: dokumentasi pribadi via Antara

jpnn.com, BANJARMASIN - Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menyemangati wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIEI) Banjarmasin, Kalimantan Selatan agar tahan banting menghadapi Revolusi Industri 4.0. Menurutnya, ada banyak tantangan sekaligus peluang di era perubahan besar yang berbasis pada kemajuan teknologi informasi itu.

"Revolusi Industri 4.0 memengaruhi cara industri beroperasi dan cara melayani konsumen. Situasi ini memaksa pelaku usaha untuk menyesuaikan diri,” katanya saat menyampaikan orasi ilmiah pada Sidang Senat Terbuka STIEI Banjar Masin, Sabtu (21/9)

Mantan pegawai negeri sipil (PNS) Kementerian Keuangan itu menjelaskan, kini besarnya perusahaan bukan lagi ukuran keberhasilan. Sebab yang dituntut saat ini adalah kelincahan dan kemampuan membaca kebutuhan pasar.

Lebih lanjut Misbakhun mencontohkan aplikasi Grab dan Go-Jek yang menjadi ancaman bagi pemain-pemain besar industri transportasi. Selain itu, ada pula aplikasi Airbnb yang menggerus kampiun perhotelan.

“Grab dan Go-Jek justru tidak memiliki satu pun armada transportasi. Airbnb yang mengancam pemain-pemain utama industri perhotelan dan tidak memiliki satu pun hotel,” tuturnya.

Politisi Partai Golkar itu menuturkan, inti Revolusi Industri 4.0 adalah makin kuatnya peran internet yang memudahkan komunikasi antarmanusia, manusia dengan mesin, bahkan mesin dengan mesin. "Peran manusia lebih pada fungsi controlling, untuk memastikan mesin berinteraksi sesuai yang diharapkan,” katanya.

Misbakhun menambahkan, hal menonjol di era Revolusi Industri 4.0 adalah disrupsi. Nama-nama besar di berbagai sektor industri menjadi kalah bersaing karena melakukan kesalahan, sehingga menghadapi disrupsi.

Dia menyebut Nokia sebagai contohnya. Produk-produk raksasa teknologi asal Finlandia itu pernah merajai pasar.

Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun meminta para lulusan perguruan tinggi benar-benar melek Revolusi Industri 4.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close