Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saran Sandiaga untuk Pelaku Parekraf Agar Jadi Pemenang di Masa Pandemi

Minggu, 29 Agustus 2021 – 07:35 WIB
Saran Sandiaga untuk Pelaku Parekraf Agar Jadi Pemenang di Masa Pandemi - JPNN.COM
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif memanfaatkan platform digital dalam meraih peluang di masa pandemi.

"Pandemi ini memacu terjadinya akselerasi proses digitalisasi, sehingga muncul berbagai peluang yang akan membawa kita menjadi pemenang," kata Sandiaga melalui keterangan tertulis, Sabtu (29/8).

Survei We Are Social pada April 2021 menyebutkan, 88,1 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan perdagangan elektronik (e-commerce) untuk berbelanja produk.

Menurut Sandiaga, angka tersebut merupakan persentase yang tertinggi di dunia, sehingga pengembangan produk dan sumber daya manusia di bidang parekraf bisa dimanfaatkan melalui digitalisasi.

Mantan Wagub DKI itu memaparkan, terdapat tiga subsektor yang memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif Indonesia yaitu, kuliner 41,5 persen, fesyen 17,7 persen, dan kriya 15 persen.

Sandiaga juga berkomitmen untuk menciptakan lokomotif ekonomi kreatif yang membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Komitmen itu diwujudkan dengan mendorong para pelaku parekraf berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi lewat sejumlah program seperti #BeliKreatifLokal, Wirausaha Digital Mandiri (Widuri) Ekonomi Kreatif dan Baparekraf Digital Talent.

"Oleh karena itu, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang menjadi tulang punggung Indonesia harus mampu menjawab tantangan dan kemandirian di masa pandemi,” tuturnya.

Pelaku parekraf didorong memanfaatkan platform digital karena 88,1 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan e-commerce untuk berbelanja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close