Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas Akui Banyak Masukan dari MK

Rabu, 13 Januari 2010 – 14:31 WIB
Satgas Akui Banyak Masukan dari MK - JPNN.COM
JAKARTA - Diskusi Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Mafia Hukum dengan Mahkamah Konstitusi (MK) sepertinya memberi masukan yang cukup berarti. Ketua Satgas, Kuntoro Mangkusubroto, mengakui hal tersebut kepada wartawan, usai menggelar pertemuan di gedung MK, lantai 8, Rabu (13/1).

Menurut Kuntoro, apa yang dilakukan dengan MK tersebut adalah bagian dari koordinasi, pemantauan dan pengawasan. Hasilnya begitu banyak masukan, karena mulai dari ketua, wakil, hingga hakim-hakimnya, semua memberi masukan. "Intinya, simplikasi birokrasi itu sangat penting dalam rangka menghindari praktek mafia hukum, dan itu berkaitan erat dengan reformasi birokrasi," ujarnya.

Selain itu menurut Kuntoro, ke depan yang juga tidak kalah pentingnya adalah pelibatan lembaga-lembaga independen. Terutama dalam melakukan recruiting aparat penegak hukum. "Masukan tersebut sangat berharga, dan bagi kami, masuk dalam inti persoalan," kata Kuntoro lagi.

Dalam diskusi itu, lanjut Kuntoro, juga terungkap bahwa banyak pejabat yang tidak bisa bekerja efektif karena terperangkap perilaku di masa lalu. Ini terutama karena ada yang terlibat secara transaksional di masa lalu. Oleh karena itu ke depan, tambahnya, track record itu menjadi sangat penting. Terutama agar pejabat bisa memutuskan persoalan tanpa beban.

JAKARTA - Diskusi Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Mafia Hukum dengan Mahkamah Konstitusi (MK) sepertinya memberi masukan yang cukup berarti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close