Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Menahan Diri Selama Libur Panjang

Kamis, 24 Desember 2020 – 06:15 WIB
Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Menahan Diri Selama Libur Panjang - JPNN.COM
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 Sonny Harry B. Harmadi berbicara dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (16/10). ANTARA/Katriana

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengatakan saat ini tingkat penularan virus corona di Indonesia masih tinggi. Hal ini terbukti dari angka positivity rate yang mencapai 18 persen.

Karena masih tingginya angka penularan Covid-19, dia meminta masyarakat bisa menahan diri untuk tetap berada di rumah selama libur Natal 2020 dan tahun baru 2021.

“Tingginya positivity rate minggu ini jadi sebuah alarm agar penularan tidak boleh semakin tinggi, yang paling penting dilakukan adalah mengendalikan mobilitas," ujar Sonny dalam pernyataan yang tayang di YouTube BNPB, Rabu (23/12).

Sonny berharap masyarakat bisa patuh terhadap imbauan dari Satgas Covid-19. Karena berkaca pada kejadian sebelumnya, kasus Covid-19 tajam setelah libur panjang.

Libur panjang pertama yaitu saat hari raya Idulfitri di bulan Mei lalu. Dua minggu setelahnya kasus Covid-19 di Indonesia meningkat sekitar 69 hingga 93 persen. Kemudian, setelah libur panjang HUT RI di bulan Agustus, meningkat sekitar 58 hingga 118 persen.

“Jadi, walaupun sudah membangun narasi jangan libur ataupun liburan aman tanpa kerumunan, ternyata kasusnya masih naik," terang dia.

Peningkatan kasus ini, kata Sonny, bukan dikarenakan mobilitas yang tinggi saja, namun karena tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang menurun.

Pasalnya, saat ini masyarakat Indonesia seperti mulai lupa bahwa bahaya virus Corona masih terus mengancam hingga saat ini.

Satgas Covid-19 mewanti-wanti jangan sampai momentum libur panjang Nataru menjadi klaster penularan virus Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close