Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satpol PP Bakal Diterjunkan untuk Pengamanan Pilkada 2024

Senin, 07 Oktober 2024 – 16:54 WIB
Satpol PP Bakal Diterjunkan untuk Pengamanan Pilkada 2024 - JPNN.COM
Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka Thony Marza. ANTARA/Kasmono.

jpnn.com - BANGKA - Pemerintah Daerah bakal menerjunkan Satuan Pamong Praja (Satpol PP) untuk ikut mengamankan jalannya pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pemerintah Kabupaten Bangka, misalnya, siap menerjunkan hingga 910 personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk membantu di tempat pemungutan suara (TPS).

"Kami sudah menyiapkan 910 personel Linmas untuk membantu pengamanan pihak petugas keamanan sehingga pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman, tertib dan lancar," ujar Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka Thony Marza, di Sungailiat, Senin (7/10).

Dia mengatakan dengan ratusan personel Linmas yang disiapkan itu, masing - masing TPS akan ditugaskan dua orang Linmas.
Tercatat jumlah TPS yang ditetapkan KPU pada Pilkada 2024 sebanyak 455 TPS atau lebih sedikit dibanding TPS pada Pemilu 2024 lalu.

"Selain menyiapkan Linmas di masing-masing TPS, kami juga sudah menyiapkan personel Linmas inti untuk di kantor kecamatan dan kelurahan," ucapnya.

Personel Linmas yang direkrut dari masyarakat umumnya petugas Linmas yang dianggap sudah memiliki pengalaman membantu pengamanan pada Pemilu 2024.

Untuk memaksimalkan pelayanan pengamanan, kata dia, pihaknya telah menyiapkan 285 anggota Satpol PP yang akan ditugaskan di setiap desa.

Dia mengingatkan seluruh personel Satpol PP dan Linmas supaya berkoordinasi dengan personel TNI dan Polri di lapangan, sebab koordinasi ini penting dilakukan supaya terjalin komunikasi layanan keamanan.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bakal diterjunkan untuk pengamanan pada pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA