Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satu Abad NU, dari Banser Rock You sampai ’Wak Min Thariq'

Selasa, 07 Februari 2023 – 21:21 WIB
Satu Abad NU, dari Banser Rock You sampai ’Wak Min Thariq' - JPNN.COM
Menteri BUMN Erick Thohir dengan mengenakan seragam Banser berpidato pada resepsi Peringatan Satu Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2). Foto: tangkapan layar TVNU

jpnn.com - Nahdlatul Ulama (NU) sukses menggelar peringatan satu abad usianya berdasar kalender Hijriah di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2).

Puluhan ribu nahdiyin dari seluruh Indonesia tumpek blek di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Jemaah yang tidak kebagian tempat di stadion menyaksikan rangkaian acara itu dari berbagai tempat di sekitar stadion.

Ratusan ribu jemaah -bahkan ada yang mengeklaim jumlahnya jutaan- membuat Sidoarjo dan Surabaya macet total.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir memberikan sambutan. Seperti menyesuaikan dengan tradisi nahdiyin yang suka guyon, Jokowi juga membuka pidato dengan canda.

Setelah menyaksikan atraksi ribuan Barisan Ansor Serbaguna (Banser)) berparade dengan iringan drumben yang memainkan nada lagu 'We Will Rock You’ dari Queen, Jokowi memberikan pujian.

Kata Jokowi, setelah berusia satu abad, NU makin maju karena mulai menyukai lagu-lagu rock yang dinyanyikan Freddy Mercury, vokalis grup rock Queen.

Hadirin tertawa dan bertepuk tangan mendengar canda yang dilontarkan Jokowi. Mungkin ada yang tersenyum kecut karena merasa agak tersindir.

Dalam bahasa mafhum mukhalafah atau pengertian terbalik, Jokowi menyiratkan bahwa dahulu NU hanya selawatan dan marhabanan sebagai simbol tradisionalisme, tetapi sekarang sudah mulai menyukai lagu-lagu rock sebagai simbol modernisme.

Puncak Peringatan Satu Abad NU sukses digelar di Sidoarjo. Presiden Jokowi hadir di tengah-tengah ratusan ribu -bahkan ada yang menyebut jutaan-nahdiyin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close