Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satu Balita Positif Tertular HIV

Kamis, 13 Desember 2012 – 08:29 WIB
Satu Balita Positif Tertular HIV - JPNN.COM
SANGATTA-- Jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) di Kutai Timur (Kutim) mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Dalam kurun waktu 7 tahun, jumlah penderita terdapat 84 kasus terbanyak pada tahun 2011 mencapai 45 kasus sedangkan 2012 sampai September lalu sebanyak 19 kasus, selain itu terdapat 1 anak diduga terinfeksi dan 1 orang sedang dalam penelitian. Hanya Harmaji tidak dapat memastikan penyebabnya sampai anak kecil yang tidak disebutkan namannya positif terjangkit HIV.

Sekretaris Penanggulangan AIDS, Kutai Timur  Harmadji Partodarsono di Gedung Seba Guna, kantor Bupati Kutim pada wartawan, Rabu(12/12) menyebutkan, meningkatnya penderita HIV/AIDS merupakan dampak pertumbuhan penduduk Kutim. "Sudah dua puluh meninggal dunia," jelasnya.

Harmadji menerangkan,  HIV/AIDS dan IMS dapat menular kepada orang lain dengan cara hubungan seksual tidak aman dan/atau tidak terlindungi sesuai standar kesehatan. Penularan HIV melalui hubungan seks terjadi di dalam atau di luar nikah jika dilakukan tanpa kondom dengan orang yang sudah tertular HIV.

Menurutnya, berdasarkan profesi penderita HIV terbesar dari karyawan swasta, selain itu pekerja seks (PSK) dan ibu rumah tangga. Data yang dihimpun KPA Kutim, kalangan ibu rumah tangga mencapai 18,5 persen. "Mereka ini ibu rumah tangga baik-baik yang tertular oleh suami yang didapat atau akibat jajan di luar rumah," katanya.

SANGATTA-- Jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) di Kutai Timur (Kutim) mengalami peningkatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA