Alexa Analytics

Satu Keluarga di Cilegon Tinggal Seatap dengan Hewan Ternak

Jumat, 17 Januari 2020 – 22:51 WIB
Satu Keluarga di Cilegon Tinggal Seatap dengan Hewan Ternak - JPNN.COM
Kondisi tempat tinggal Maskufah dan Karman bersama seorang anaknya. Foto: Antara/Susmiyatun Hayati

jpnn.com, CILEGON - Maskufah, Karman bersama seorang anaknya harus tinggal seatap dengan hewan ternak peliharaannya di RT 09/ RW 03, Kampung Sobong, Kelurahan Banjarnegara, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Kondisi rumah yang dibangun dari tanah liat itu, temboknya sudah sangat tua dan nyaris ambruk.

Bahkan akibat tembok yang ambrol, beberapa sisi bangunannya seperti bagian dapur dan toilet, terpaksa hanya dipasangi plastik terpal untuk bisa melindungi dari terik panas matahari dan hujan.

"Saya sangat berharap Pemerintah Kota Cilegon melalui dinas terkait bergerak cepat untuk menyikapi persoalan ini. Karena ini membahayakan warga kita kondisi rumahnya nyaris ambruk dan tak layak," kata Anggota Komisi II DPRD Kota Cilegon Muhammad Ibrohim Aswadi saat melihat kondisi rumah Maskufah.

Dia mengatakan, kalau memang anggaran terbatas, pemerintah Kota Cilegon bisa mendorong perusahaan-perusahaan untuk membantu membangunkan rumah masyarakat yang tidak layak huni melalui program CSR.

"Kan ada dana CSR, tinggal sampaikan saja ke perusahaan-perusahaan. Sumber dana banyak," katanya.

Abdullah, salah satu keluarga Maskufah menjelaskan, rumah tersebut pernah didatangi oleh petugas RT setempat, namun lima tahun berlalu sejak survei dilakukan, bantuan bedah rumah yang pernah dijanjikan pemerintah tak kunjung dilakukan. Pihaknya pun berharap, bantuan bedah rumah untuk keluarganya segera bisa direalisasikan.

"Belum pernah dapat bantuan, lima tahun lalu memang sempat didata pak RT katanya mau menerima bantuan bedah rumah tapi sampai saat ini kami belum menerimanya," katanya. (antara/jpnn)

loading...