Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saudi Akan Umumkan Negara yang Diizinkan Umrah, Semoga Indonesia Masuk

Rabu, 23 September 2020 – 21:11 WIB
Saudi Akan Umumkan Negara yang Diizinkan Umrah, Semoga Indonesia Masuk - JPNN.COM
Ilustrasi calon jemaah umrah. Foto: Yessy Artada

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Nizar mengungkapkan, pemerintah Arab Saudi tengah mempertimbangkan untuk membuka umrah bagi muslim dari luar negaranya.

Khususnya bagi negara yang sudah mendapat izin memberangkatkan jemaah. Negara mana saja yang diizinkan memberangkatkan jenaah, akan disampaikan Saudi.

“Saudi dalam pengumumannya menyebut akan merilis daftar negara mana saja yang akan mendapatkan izin memberangkatkan jemaah umrah. Jadi kami masih menunggu rilis dari Kemenkes Saudi. Kami berharap Indonesia termasuk yang mendapat izin memberangkatkan,” terang Nizar, di Jakarta, Rabu (23/9).

Menurut Nizar, pihaknya selama ini terus melakukan koordinasi, baik dengan Konsul Haji KJRI Jeddah, maskapai penerbangan maupun Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) terkait persiapan jika penyelenggaraan ibadah umrah kembali dibuka.

Koordinasi antara lain membahas terkait prioritas pemberangkatan jemaah umrah yang tertunda sejak 27 Februari 2020. Di samping penerapan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami sudah minta ke Konsul Haji KJRI untuk ikut memantau kemungkinan Indonesia mendapat izin memberangkatkan jemaah umrah,” tuturnya.

Dia melanjutkan, koordinasi dengan PPIU dan maskapai terus dilakukan. Kemenag meminta jemaah umrah yang tertunda menjadi prioritas untuk diberangkatkan.

"Kami juga membahas penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan umrah di masa COVID-19 bersama dengan Kemenkes,” tandasnya. (esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Saudi akan merilis negara mana saja yang diizinkan memberangkatkan jemaah umrah, kemenag berharap Indonesia masuk list

Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close