Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY Dukung Pemilik Ide Gila

Hari Kebangkitan Teknologi Ke-13

Sabtu, 09 Agustus 2008 – 08:54 WIB
SBY Dukung Pemilik Ide Gila - JPNN.COM
JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyemangati para ilmuwan untuk terus mengembangkan inovasi. Dia berjanji memfasilitasi inovasi teknologi, terutama yang bisa menjawab persoalan energi, pangan, dan lingkungan.

Menurut SBY, pemilik Microsoft Bill Gates pernah menyatakan bahwa yang diperlukan adalah inovasi dan kekuatan imajinasi. ’’Melamun, membayangkan, berkhayal, itu konon embrio dari penemuan-penemuan besar. Jadi, ide-ide gila harus didukung,’’ tegasnya pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Ke-13 dan Peresmian Pembukaan Ritech Expo 2008 di Istana Negara, Jumat (8/8).

SBY mengajak para ilmuwan untuk menjawab tantangan zaman. Tantangan riil yang dihadapi dunia adalah bertambahnya jumlah penduduk. Penduduk bumi saat ini mencapai 6,6 miliar jiwa. Pada 2030 diramalkan menjadi 8,4 miliar dan pada 2050 menjadi 9,5 miliar jiwa.

Di Indonesia, penduduk saat ini 230 juta orang. Pada 2030 menjadi 289 juta dan pada 2050 menjadi 313 juta jiwa. ’’Konsekuensinya, konsumsi kebutuhan pangan dan energi akan meningkat. Persediaan menipis,’’ ujarnya.   

Kepada masyarakat, SBY juga mengajak untuk selalu berpikir rasional. Dia mengaku sempat geli dengan anekdot yang sempat berkembang di masyarakat. ’’Ada anekdot, SBY datang, gempa bumi muncul,’’ ungkapnya.

Anekdot itu muncul karena sejak dirinya terpilih menjadi presiden, banyak terjadi bencana. Mulai tsunami di Aceh, gempa bumi di Jogjakarta, dan sebagainya.

SBY pun bertanya kepada Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro tentang seringnya terjadi gempa bumi di Indonesia. Menurut penjelasan Purnomo, kata SBY, disimpulkan bahwa Indonesia berada di pertemuan lempeng tektonik.

Pertemuan tiga lempeng itu menimbulkan gempa bumi sejak 200 juta tahun silam. ’’SBY belum ada 200 juta tahun lalu,’’ ujar SBY.

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyemangati para ilmuwan untuk terus mengembangkan inovasi. Dia berjanji memfasilitasi inovasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close