Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY jangan Takut Impeachment

Rabu, 02 November 2011 – 19:09 WIB
SBY jangan Takut Impeachment - JPNN.COM
JAKARTA -- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Assiddiqqie, menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak merasa menjalankan tugasnya dalam memimpin bangsa ini dengan sistem presidensial.

Menurut Jimly, presiden juga takut dengan impeachment atau pemakzulan. Menurut Jimly, harusnya seorang presiden jangan takut dengan pemakzulan.

"Presidennya tidak merasa presidensil, menakutkan impeachment. Sebetulnya dalam sistem presidensil impeachment itu berbeda dengan sistem presidensil yang tidak murni,"  kata Jimly saat dialog kenegaraan bertema 'Sistem Presidensial Cita Rasa Parlemen', di Jakarta, Rabu (2/11).

Jimly mencontohkan, impeachment yang diberlakukan pada beberapa negara seperti Korea, Thailand, Rusia dan Tukri, itu berbeda dengan Indonesia.  Menurutnya, impeachment di negara-negara tersebut diselesaikan melalui proses pengadilan. Segala tuduhan terhadap presiden diproses di pengadilan. Dan, pengadilan juga yang memutuskan. "Maka, pengadilan segala-galanya," tegasnya.

JAKARTA -- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Assiddiqqie, menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak merasa menjalankan tugasnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA