Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

SBY: Krisis Ekonomi Belum Pulih

Senin, 10 Januari 2011 – 13:23 WIB
SBY: Krisis Ekonomi Belum Pulih - JPNN.COM
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan bahwa krisis ekonomi dunia yang juga dirasakan dampaknya di dalam negeri, belumlah pulih sepenuhnya. Untuk itu, perlu ada kewaspadaan bersama, terutama pada dampaknya terhadap perekonomian nasional.

"Meski situasi di Asia khususnya di Asia Timur dan Asia Tenggara lebih baik, tapi belum sepenuhnya krisis ekonomi tahun 2008-2009 pulih benar. Kondisi ini tentu berpengaruh pada peluang ekonomi kita," ungkap SBY, saat membuka Rapat Kerja tentang Pelaksanaan Program Pembangunan Tahun 2011 di Jakarta, Senin (10/1).

Pengaruhnya (krisis ekonomi) kata SBY, antara lain seperti demand (permintaan) yang akan menurun dan pengaruhnya terasa pada industri dalam negeri. Investasi juga bisa mengalami kendala. "Tapi kita sebenarnya masih bisa tumbuh. Meski belum aman benar dalam krisis global," kata SBY pula.

Untuk menjaga stabilitas di masing-masing negara, banyak negara kata SBY, melakukan kebijakan mata uang yang menguntungkan negaranya. Misalnya dengan menurunkan mata uangnya ke range yang lebih rendah dari semestinya. "Sehingga barang-barang ekspor dari negara tersebut bisa membanjiri seluruh dunia. Ini juga kondisi yang kita hadapi dari sisi global," ujar SBY.

loading...