Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY: Krisis Pangan Masih Mengancam

Selasa, 06 Desember 2011 – 15:00 WIB
SBY: Krisis Pangan Masih Mengancam - JPNN.COM
JAKARTA—Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan, hingga saat ini krisis pangan masih perlu diwaspadai. Terjadinya kekeringan, gagal panen ditambah krisis energi di berbagai negara, menambah ancaman bagi ketahanan pangan. Bukan hanya bagi dunia tapi juga Indonesia.

Dengan jumlah penduduk dunia yang mencapai 7 miliar jiwa, diperkirakan pada tahun 2045 mendatang, terjadi lonjakan jumlah penghuni dunia hingga 9 miliar jiwa. Untuk menghidupi angka ini, maka diperkirakan kata SBY, dibutuhkan tambahan produksi pangan sebesar 70 persen dari yang ada saat ini.

Namun masalahnya, di tengah kebutuhan pangan yang meningkat, produksi pangan sering terganggu iklim, pemanasan global dan prediksi lonjakan harga minyak yang terpengaruh krisis ekonomi dan politik. Kondisi politik Iran contohnya, bila negara penghasil minyak tersebut jadi diembargo sekutu AS, maka diprediksi harga minyak bisa menembus USD200 per barel.

‘’Kita di Indonesia harus berbuat sesuatu yang aktif dan nyata. Sudah tahu masalahnya, kalau kita pasif, itu keliru dan merugi,’’ tegas SBY di Istana Negara saat penyerahan penghargaan ketahanan pangan di Istana Negara, Selasa (6/12).

JAKARTA—Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan, hingga saat ini krisis pangan masih perlu diwaspadai. Terjadinya kekeringan, gagal panen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA