Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY Minta Kepala Daerah dan Pengusaha Dukung Pemerintah

Kamis, 16 Oktober 2008 – 10:06 WIB
SBY Minta Kepala Daerah dan Pengusaha Dukung Pemerintah - JPNN.COM
KRISIS GLOBAL: Presiden SBY berjabat tangan dengan Prayogo Pangestu usai sidang paripurna di Istana Presiden. Rabu (15/10). Foto : Abror Rizki/ Rumgapres
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali menggelar sidang kabinet paripurna untuk membahas penanganan krisis global di gedung utama Sekretariat Negara. Selain para menteri dan pengusaha, SBY mengundang gubernur se-Indonesia serta ketua Kadin provinsi.

Menurut SBY, para gubernur dan ketua Kadin sengaja dihadirkan dalam rapat kabinet untuk menyatukan komitmen, tindakan, dan langkah guna mengamankan perekonomian nasional dari dampak krisis keuangan. ''Keberhasilan sangat ditentukan oleh sinergi antara pusat dan daerah. Kita harus satu langkah. Para gubernur jangan menyelamatkan diri sendiri di tengah situasi seperti ini,'' kata SBY.

Peran gubernur, lanjut SBY, harus menjadi motivator dan mencari kesempatan di daerah masing-masing. ''Gubernur tidak hanya bersifat administratif. Sekarang, gubernur bersama pemerintah pusat bisa bersama-sama berkomunikasi dalam mengambil kebijakan,'' katanya.

Setelah sidang kabinet, Plt Menko Perekonomian yang juga Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah terus berupaya menstabilkan sektor-sektor industri, mulai yang kecil hingga besar. Sektor riil akan dipetakan dan diberi perhatian khusus, terutama yang memiliki peran dalam ekspor dan penciptaan lapangan kerja. ''Itu komitmen kita untuk mendorong sektor riil terus bergerak,'' ujarnya.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali menggelar sidang kabinet paripurna untuk membahas penanganan krisis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA