Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY Pastikan Dengarkan Sri Sultan

Kamis, 02 Desember 2010 – 17:11 WIB
SBY Pastikan Dengarkan Sri Sultan - JPNN.COM
JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan bahwa RUU Keistimewaan Yogyakarta tidak hanya mengatur tentang suksesi kepemimpinan di Yogyakarta.  Dijabarkan SBY, RUU itu juga mengatur tentang pemerintahan, pengelolaan tanah dan pengaturan tata ruang, pelestarian budaya dan warisan sejarah, serta penghormatan dan perlakuan khusus terhadap peran istimewa bagi pewaris Kesultanan dan Kepakualaman secara permanen.

Khusus mengenai suksesi, SBY memastikan bahwa penyusunan RUU akan mendengarkan pendapat Sri Sultan HB X dan Paku Alam. Diakui SBY, merekalah yang paham mekanisme suksesi di Yogyakarta.

"Aturan suksesi tentu pemerintah akan sangat mendengar pandangan dan pemikiran Sri Sultan dan Paku Alam sendiri serta kerabat Kesultanan dan Kepakualaman yang lain. Beliau-beliaulah yang memiliki otoritas dan lebih tahu bagaimana proses mekanisme dan kearifan dalam suksesi itu semua," kata SBY di Istana Negara, Jakarta,  Kamis (2/12).

SBY menjanjikan, apa pun model suksesi yang dipilih, baik model demokratis maupun penetapan langsung, tetap akan memberikan peran dan hak kepada para pewaris Kesultanan dan Kepakualaman.

JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan bahwa RUU Keistimewaan Yogyakarta tidak hanya mengatur tentang suksesi kepemimpinan di Yogyakarta. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close