Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY Tetap Dukung Sri Sultan HB X jadi Gubernur

Kamis, 02 Desember 2010 – 17:25 WIB
SBY Tetap Dukung Sri Sultan HB X jadi Gubernur - JPNN.COM
JAKARTA - Terjawab sudah kebingungan publik terhadap pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), perihal adanya sistem monarki di tengah tatanan demokrasi di Indonesia. Dalam konferensi pers-nya di Istana Negara, Kamis (2/12), SBY menyatakan bahwa dirinya selaku kepala negara dan kepala pemerintahan, masih mendukung kepemimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X sebagai Gubernur dan Sri Paduka Paku Alam IX sebagai Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Tolong dicatat tebal-tebal, sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, saya berpendapat bahwa untuk kepemimpinan Gubernur DIY lima tahun ke depan, yang terbaik dan paling tepat adalah tetap Saudara Sri Sultan Hamengkubowono X," tegas SBY.

Diakui SBY, bahwa memanasnya perihal hak keistimewaan Yogyakarta itu, mulai ramai dibahas dan menjadi isu hangat nasional, sejak pernyataannya pada Sidang Kabinet 26 November lalu. Namun katanya, banyak yang salah mengartikan pernyataannya dan justru semakin memperburuk suasana.

"Ada yang seolah-olah (memandang) SBY menghalang-halangi Sri Sultan menjadi Gubernur, setelah Oktober 2011 mendatang. Saya melihat, statement sudah banyak pula yang bergeser, dan mencampuradukkan antara fakta dengan perkiraan. Antara pemerintahan dengan politik praktis," kata SBY.

JAKARTA - Terjawab sudah kebingungan publik terhadap pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), perihal adanya sistem monarki di tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close