Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Scolari Tinggal Konfirmasi

Skuad Brasil ke Piala Dunia

Sabtu, 26 April 2014 – 08:05 WIB
Scolari Tinggal Konfirmasi - JPNN.COM

jpnn.com - SAO PAOLO - Ghana memang menjadi kontestan pertama Piala Dunia 2014 yang merilis skuad bayangan (30 pemain) untuk disetor ke FIFA pada 13 Mei nanti. Tapi, tuan rumah Brasil bakal mencuri start karena Selecao - sebutan Brasil - malah akan merilis skuad utama (23 pemain) kurang dari sepekan sebelumnya (7/5).

 

Bahkan, kemarin, pelatih Selecao Luiz Felipe Scolari memberi bocoran kandidat anak asuhnya. Delapan nama bahkan mendapat garansi dari Scolari. Mereka adalah kiper Julio Cesar, defender Thiago Silva dan Daviz Luiz, gelandang bertahan Ramires dan Paulinho, gelandang serang Oscar dan Willian, serta striker Fred.

 Hal itu diungkapkan Scolari di sela memberi kuliah umum di Universisade Sao Judas Tadeu di Sao Paolo. Felipao - sapaan akrab Scolari - juga memilih David Luiz, Julio Cesar, dan Fred sebagai wakil kapten Brasil. Adapun kapten Brasil saat ini adalah Thiago Silva.

Entah lupa atau ada alasan lainnya, Scolari malah tidak menyebut nama bintang paling kondang Brasil saat ini, Neymar.

"Neymar sudah pasti sangat dibutuhkan timnas kami. Yang pasti, saya sudah memilih nama-nam dan saya telah berbicara dengan mereka dalam beberapa kunjungan," kata Scolari di situs resmi FIFA.

 Scolari tak memungkiri bahwa susunan 23 pemain yang akan menjadi skuad Brasil di Piala Dunia telah dikantonginya. Scolari praktis hanya tinggal mengonfirmasikannya saat hari H.
 
Pelatih 65 tahun tersebut juga mengklaim daftar pemain pilihannya itu jsudah diketahui stafnya seperti koordinator teknik Carlos Alberto Parreira, asisten pelatih Flavio Murtosa, sampai Presiden CBF (Federasi Sepak Bola Brasil) Jose Maria Marin.
 
"Tidak ada kejutan atau ada yang ditutup-tutupi. Kalian, jurnalis, mungkin sudah bisa menebaknya. Saya tidak meragukan pemain dalam list terakhir saya meski saya akan menunggu sampai akhir liga karena mungkin ada masalah di saat-saat terakhir. Seperti cederanya Henrique (defender Brasil asal Napoli, Red)," papar pelatih yang pernah memenangi Piala Dunia 2002 bersama Brasil itu.
 
Dengan Thiago Silva, David Luiz, dan Dante, sudah pasti terpilih, Scolari memang tinggal mencari satu defender lagi. Di Piala Konfederasi 2013, Scolari memilih Rever (Atletico Mineiro). Tapi, menilik situasi dan kondisi terkini, defender Atletico Madrid Miranda layak dikedepankan.
 
Sepanjang musim ini, Miranda merupakan sosok penting terhadap sukses Atleti - sebutan Atletico Madrid - memuncaki klasemen Primera Division maupun menembus semifinal Liga Champions. Jangan lupa, defender 29 tahun itu sekaligus pahlawan kemenangan Atleti saat memenangi Copa del Rey musim lalu. Opsi lainnya adalah Dede (Cruzeiro), atau Marquinhos (PSG).
 
Rekan seklub Miranda, Filipe Luis, juga layak dipertimbangkan untuk mengisi slot di sektor bek kiri. Tapi, posisi sebagai pelapis Marcelo mungkin bakal dipercayakan kepada Maxwell (PSG) yang lebih matang dan berpengalaman.
 
Posisi kiper ketiga juga masih belum fix karena hanya Julio Cesar dan Jefferson yang dipanggil dalam laga terakhir kontra Afsel (5/3). Di sisi lain, Lucas Moura dan Robinho bisa berebut satu tempat sekaligus siapa yang pantas menyandang jersey Selecao nomor 7. (dns)

SAO PAOLO - Ghana memang menjadi kontestan pertama Piala Dunia 2014 yang merilis skuad bayangan (30 pemain) untuk disetor ke FIFA pada 13 Mei nanti.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA