Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebegini Kader Internal PDIP yang Diusung di Pilkada 2024

Senin, 26 Agustus 2024 – 15:23 WIB
Sebegini Kader Internal PDIP yang Diusung di Pilkada 2024 - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di kantor partainya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8). Dokumentasi DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut hampir 50 persen calon kepala daerah (cakada) yang sudah diumumkan didukung partainya berasal dari kader internal.

Hal demikian diungkapkannya saat pengumumkan cakada yang diusung pada pilkada serentak 2024 untuk gelombang III di kantor PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/7).

Diketahui, PDI Perjuangan sudah mengumumkan 534 cakada yang diusung pada pilkada serentak 2024 selama tiga gelombang.

"Total pasangan calon yang sudah diumumkan dari gelombang I, II, dan III, sebanyak 534 daerah dan dari PDI Perjuangan yang menggembirakan 45,8 persen," kata Hasto, Senin.

Alumnus Universitas Pertahanan (Unhan) itu mengatakan parpolnya banyak bekerja sama dengan partai lain dari 534 cakada yang sudah diusung pada pilkada serentak 2024.

Menurut Hasto, hal itu menandakan PDI Perjuangan menjadi partai yang bisa menjadi jembatan penghubung dengan pihak lain.

Adapun, komposisi kerja sama PDI Perjuangan dengan Golkar 9,2 persen dari 534 cakada yang sudah diumumkan.

Berturut-turut setelah itu, PDIP bekerja sama dengan Gerindra (6,1 persen), PKB (5,1 persen), Demokrat (4 persen), PPP (3,7 persen), PAN (3,3 persen), NasDem (3,3 persen), Hanura (1,5 persen), PKS (1,4 persen), hingga Perindo (1,3 persen).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut kaderisasi internal di parpolnya berjalan setelah melihat cakada yang diusung pada pilkada serentak 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA