Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebelum Tes, Peserta CPNS Harus Melewati Alat Pendeteksi Jimat

Minggu, 02 Februari 2020 – 03:01 WIB
Sebelum Tes, Peserta CPNS Harus Melewati Alat Pendeteksi Jimat - JPNN.COM
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Jawapos.com

jpnn.com, TASIKMALAYA - Mengantisipasi perbuatan curang saat mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD), Badan Kepegawaian Negara (BKN), menyiapkan alat pendeteksi logam juga benda asing termasuk jimat ke seluruh peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS), di Bale Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kepala Kantor Regional III BKN Bandung, Imas Sukmariah, saat meninjau pelaksanaan hari pertama tes CPNS di Kota Tasikmalaya, mengatakan seluruh peserta akan diperiksa secara manual maupun menggunakan alat canggih yang mampu mendeteksi barang asing termasuk jimat.

"Kita sudah periksa semua, tidak ada yang masuk dengan alat apapun, termasuk jimat akan terdeteksi," kata Imas.

Ia menuturkan, seluruh peserta dari pemerintah kota dan kabupaten di Priangan Timur yakni Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran mengikuti pelaksanaan SKD CPNS di Kota Tasimalaya.

Pelaksanaan tes itu, kata dia, menggunakan sistem computer assisted test (CAT) yang tidak akan ada potensi kecurangan, atau dimanipulasi data sehingga hasilnya murni sesuai kemampuan diri para peserta.

Peserta, lanjut dia, jangan percaya terhadap pihak tertentu yang menjanjikan mampu meloloskan tahapan seleksi tersebut karena akan merugikan diri sendiri.

"Jangan percaya oknum yang menjanjikan kelulusan, potensi kecurangan tidak ada dengan sistem ini," katanya.

Ia mengungkapkan, sistem komputerisasi itu dijamin transparan, akuntabel, dan dapat dipercaya dengan soal ujian dibuat oleh 18 konsorsium perguruan tinggi yang sudah teruji oleh Lembaga Sandi Negara.

Mengantisipasi perbuatan curang saat mengikuti tes SKD, BKN telah menyiapkan alat pendeteksi logam termasuk jimat ke seluruh peserta CPNS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close