Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebut RUU Rugikan Advokat Muda

Jumat, 12 September 2014 – 17:12 WIB
Sebut RUU Rugikan Advokat Muda - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Pusat Bantuan Hukum Perhimpunan Advokat Indonesia Rivai Kusumanegara, mengatakan Rancangan Undang-undang Advokat, sangat merugikan advokat muda. Penyebabnya, kata Rivai, dalam aturan peralihannya menyatakan advokat adalah yang dilantik hingga tahun 2012.

"Dalam aturan peralihan RUU Advokat tepatnya pasal 65 ayat 1, menyatakan advokat yang dilantik hingga tahun 2012 diakui sebagai advokat," kata Rivai di Jakarta, Jumat (13/9).

Dijelaskan Rivai, hal itu berarti advokat yang dilantik setelah tahun 2012, yakni 2013 dan 2014 bukan sebagai advokat sehingga harus mengikuti lagi proses pengangkatan sesuai RUU tersebut. Karenanya, ia menegaskan, aturan itu sangat merugikan advokat muda.

"Aturan peralihan ini merugikan advokat muda yang telah bersusah payah mengikuti proses ketat untuk menjadi advokat," kata Rivai.

Ia menambahhkan, nasib serupa akan menimpa para calon advokat yang telah lulus ujian dan sedang magang. Sebab, pasal 65 ayat 1 menyatakan proses pengangkatan mengikuti RUU yang baru.

Sedang RUU sendiri mewajibkan oganisasi advokat mengikuti verifikasi ulang dalam tenggang waktu selama 1 tahun, ditambah lagi menunggu pembentukan Dewan Advokat Nasional yang melalui proses politik.

"Akibatnya, nasib calon advokat yang sudah berhak diangkat menjadi terkatung-katung," tandasnya.

Menurutnya, pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia telah berupaya membahas hal-hal krusial dalam RUU Advokat dengan pihak DPR. Namun, kehadiran mereka ditolak oleh salah satu pimpinan Pansus.

JAKARTA - Ketua Pusat Bantuan Hukum Perhimpunan Advokat Indonesia Rivai Kusumanegara, mengatakan Rancangan Undang-undang Advokat, sangat merugikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA