Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sedang Berperang dengan COVID-19, Indonesia kini Juga Diserang Infodemi

Kamis, 28 Januari 2021 – 20:54 WIB
Sedang Berperang dengan COVID-19, Indonesia kini Juga Diserang Infodemi - JPNN.COM
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi menyebutkan, saat ini indonesia tidak hanya menghadapi pandemi COVID-19.

Namun, juga menghadapi informasi hoaks selama pandemi atau disebut infodemi, khususnya terkait vaksin COVID-19. 

Satu di antara infodemi itu yakni gereja mengharamkan vaksinasi. Infodemi itu beredar di Whatsapp dan media sosial. Faktanya, gereja mendukung program vaksinasi COVID-19.

"Penyebaran infodemi berefek pada biasnya informasi sehingga bisa menutupi informasi-informasi valid dari sumber resmi. Adanya infodemi semakin memperkeruh keadaan," kata Dedy dalam keterangan resmi yang disampaikan Humas Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis (28/1).

Kemenkominfo, kata Dedy, akan terus bekerja melawan infodemi ini. Setidaknya, untuk memastikan masyarakat tidak terpapar hoaks.

"Jadi, semua harus sangat berhati-hati agar tidak terpapar infodemi dan jangan sampai menjadi carrier virus infodemi. Hentikan penyebaran hoaks dan disinformasi," tegas Dedy Permadi.

Menurut Dedy, tidak terdapat vaksin dan obat untuk mengatasi infodemi. Penyebaran dan transmisi hoaks harus diputus dengan disiplin menjalankan cek dan ricek.

Kemenkominfo terus meningkatkan upaya memerangi infodemi yang membawa virus hoaks dengan menyediakan layanan pengaduan Chatbot Anti Hoaks.

Indonesia juga menghadapi informasi hoaks selama pandemi atau disebut infodemi, khususnya terkait vaksin COVID-19. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close