Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sedang Pandemi Covid-19, Kepala Daerah Jangan Sampai Lupakan Masalah Stunting

Selasa, 27 Juli 2021 – 22:17 WIB
Sedang Pandemi Covid-19, Kepala Daerah Jangan Sampai Lupakan Masalah Stunting - JPNN.COM
Gubernur Ganjar Pranowo saat Rembug Desa di Karanganyar. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, KARANGANYAR - Potensi stunting adalah hal yang tidak bisa disampingkan meskipun saat ini sedang digencarkan berbagai program pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Oleh karena itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kepada para kepala desa (kades) dan bidan untuk mengontrol kesehatan ibu hamil di desa masing-masing.

Hal itu disampaikan Ganjar usai memimpin rapat koordinasi ‘Rembug Desa’ secara virtual dengan para kades se-Kabupaten Karanganyar, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan satgas Covid-19, Selasa (27/7).

Mulanya, Ganjar bertanya soal penanganan Covid-19 pada warga yang isolasi mandiri.

“Mereka yang isolasi rata-rata masih bisa dibantu oleh mereka, ada dana desa, ada dari masyarakat itu di jogo tonggo. Di sini tuh ada Pagar Mangkok, ini yang khas Karanganyar, mereka memberikan bantuan. Maka insyaallah itu aman, dana desanya juga berjalan,” tegasnya.

Kemudian, Ganjar melempar pertanyaan soal kendala apa yang paling sering ditemui para kades. Kebanyakan, para kades mendapat keluhan dari warga soal hajatan.

“Maka ini kita minta, ada sosialisasi kepada mereka. Boleh, umpama mau menikah ya sudah ijab kabul saja pestanya nanti. Ini penting untuk disampaikan kepada mereka,” kata Ganjar.

Masukan lainnya diterima Ganjar dari para bidan yakni soal kontrol pada ibu hamil. Ganjar mengatakan hal itu juga jadi perhatiannya. Di setiap acara Rembug Desa, dia selalu menanyakannya pada para kades.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kepada para kepala desa (kades) dan bidan untuk mengontrol kesehatan ibu hamil di desa masing-masing dan mencegah stunting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA